Keliling Kota Semarang Menggunakan Bus Trans Semarang

Hai ! Buat kalian yang ingin jelajah kota Semarang dengan keterbatasan waktu, ini aku kasih itinerary liburan singkat, menyenangkan, murah, dapat banyak objek wisata, dan tentunya bisa dilakukan oleh siapa saja.

Jadi, aku akan kasih tau bagaimana tips nya kok bisa sih keliling kota Semarang dengan budget minim ? naaahh rahasianya adalah.. rajin-rajin pakai Bus Trans Semarang dan giat jalan kaki menembus panasnya terik matahari di Kota Semarang. hehehee.

Bus Trans Semarang ini sudah beredar lama dengan beberapa koridor yang hampir semuanya menjangkau sudut kota Semarang, termasuk area-area yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Keuntungan menggunakan bus Trans Semarang ini ya tentunya selain murah, juga aman dan nyaman. Lebih enaknya lagi, para penumpang bisa mendapatkan kesempatan mendinginkan badan sejenak di dalam bus ber-AC ini. hehehe. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Kota Semarang merupakan kota yang sangat panas. Bahkan di Traffic light Tugumuda, kadang menyampaikan info suhu kota Semarang 43 derajat Celcius. Entah benar atau tidak, yang jelas sengatan matahari sangat terasa menembus kulit. 

semarang
Gedung Marabunta, Kota Lama Semarang


Tarif bus hanya sebesar Rp. 3.500 / orang untuk sekali jalan. Tarif tersebut merupakan tarif untuk umum. Sedangkan untuk adik-adik yang masih menggunakan seragam sekolah, tarif hanya Rp. 1.000 / orang saja. Sebelum naik bus, lihat tulisan koridor dan tujuan yang akan di lalui. Jangan lupa lihat pula di depan bus ada tulisan ‘PELAJAR’ atau tidak. Bila kamu bukan pelajar, jangan naik bus yang memang diperuntukkan untuk pelajar. Sebaliknya, para pelajar juga tidak diizinkan untuk naik bus umum.

Selain dibedakan menurut tarif, adalagi perbedaan yang akan dijumpai di dalam bus. Pada saat pintu bus terbuka, area sebelah kiri merupakan area para penumpang laki-laki. Sedangkan untuk wanita berada di sebelah kanan. Jadi jangan sampai kamu duduk atau berdiri di area yang salah ya. Sekalipun ada kursi kosong di area berlawanan, jangan duduk disitu demi keamanan bersama ^^

semarang
Kondisi Bus Trans Semarang


Bus Trans Semarang ini beroperasi dari pagi jam 05.30 WIB hingga sore hari sekitar jam 19.00 WIB setiap hari. Jadi untuk wisatawan yang ingin bepergian saat malam hari, disarankan menggunakan transportasi lainnya saat bus ini sudah tidak beroperasi ya. 

semarang
Taman Pandanaran dengan icon Warag Ngendhok


Nah ini dia itinerary liburan singkat di Kota Semarang yang bisa dilakukan selama 1.5 hari. Jika ingin agak santai lagi ya bisa dibuat menjadi 2 atau 3 hari. Atau cara lain dengan menghilangkan beberapa objek wisata.


Hari pertama : 
TIME
DESTINATION
REMARK
08.00 – 09.00
Lapangan Pancasila Simpang Lima
BRT Koridor I & Koridor III –Turun di Simpang lima
09.00 – 10.00
Taman Menteri Supeno
Jalan kaki dari Lapangan Pancasila Simpanglima sekitar 550 meter atau 7 menit waktu tempuh
10.00 – 12.00 
Masjid Agung Jawa Tengah
Koridor III (taman Menteri Supeno – Simpang Lima), ganti bus koridor I jurusan Penggaron turun di Milo, dari Milo lanjutkan dengan ojek online untuk menuju Masjid Agung Jawa Tengah (Milo – Masjid Agung sekitar 3.5 km)
12.00 – 12.30
Gedung Marabunta
Dari Masjid Agung Jawa Tengah lanjutkan dengan ojek online untuk menuju Gedung Marabunta. Hanya sekitar 4 km atau 10 menit waktu tempuh.
12.30 – 13.00
Pabrik Rokok Praoe Lajar
Jalan kaki dari Gedung Marabunta sekitar 300 m atau 4 menit waktu tempuh
13.00 – 14.00
Gereja Blenduk
Jalan kaki dari Pabrik Rokok Praoe Lajar sekitar 400 m atau 5 menit waktu tempuh
14.00 – 15.00
Jelajah kota lama
Jalan kaki menikmati suasana kota lama di Semarang
15.00 – 15.30
Tugu 0 KM Semarang
Jalan kaki dari Gereja Blenduk sekitar 400 m atau 5 menit waktu tempuh
15.30 – 16.00
Kantor Pos Johar
Berada di seberang Tugu 0 KM Semarang
16.00 – 17.30
Lawang Sewu
Dari Kantor Pos Johar (STIE BPD Jateng / pasar Johar) naik bus Koridor II arah Sisemut, turun di halte Balaikota. Dari balaikota lanjut jalan kaki sekitar 500 meter atau 7 menit jalan kaki untuk bisa sampai ke Lawang Sewu
17.30 – 18.00
Tugu Muda
Berada di seberang Lawang Sewu
18.00 – 19.00
Pusat Oleh-oleh Pandanaran
Naik free shuttle dari Lawang Sewu untuk menuju pusat oleh-oleh Pandanaran. Kembali ke Lawang sewu juga menggunakan free shuttle ya. Bisa juga mampir sebentar ke Taman Pandanaran yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari pusat oleh-oleh Pandanaran.
19.00 – 20.30
Kuliner Semawis
Dari Tugumuda menggunakan ojek online hanya sekitar 2.5 km untuk dapat sampai ke Pasar Kuliner Semawis atau 10 menit waktu tempuh dengan kendaraan.
20.30 – 21.00
Klenteng Tae Kak Sie
Berada di ujung jalan dari Pasar Kuliner Semawis. Jadi hanya butuh waktu 5 menit jalan kaki atau menyusuri jalan sepanjang 500 meter untuk dapat sampai ke Klenteng Tae Kak Sie ini.


Hari kedua :
TIME
DESTINATION
REMARK
08.00 – 10.00
Sampookong
Naik BRT koridor II jurusan Sisemut/Terboyo, turun di halte RSUP Kariadi, lalu jalan kaki ke Sam Poo Kong sekitar 1km atau 15 menit waktu tempuh
10.00 – 11.30
Gereja Gereformeerd
Dari BRT RSUP Kariadi (koridor II jurusan Sisemut), jalan kaki sekitar 400 meter atau 5 menit waktu tempuh
11.30 – 14.00
Vihara Avalokitesvara
Dari Gereja Gereformeerd, menuju ke halte terdekat (RSUP Kariadi atau bisa juga Ngaglik), naik bus koridor II jurusan Sisemut. Turun di halte Mega Rubber. Jalan kaki dari halte sekitar 300 meter untuk bisa sampai ke Vihara Avalokitesvara.

semarang
Gereja Blenduk, Kota Lama Semarang


semarang
Semut raksasa di Gedung Marabunta


semarang
Gedung Marabunta, Semarang


semarang
Sungai Banjir Kanal Barat saat malam hari


semarang
Gedung Jiwa Sraya, Semarang


semarang
Kota Lama, Semarang


Cukup mudah kan ? tidak perlu pusing untuk keliling Kota Semarang karena ditemani oleh Bus Trans Semarang ^^ 

Tips dari aku :
1. Pakai sunblock untuk melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV saat keliling kota Semarang
2. Bawa air minum yang banyak biar tidak kehausan selama di jalan
3. Bawa uang untuk beli tiket bus karena terkadang pembelian tiket tidak bisa dilayani menggunakan kartu/ecash/emoney. 

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah . 

2 comments:

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^