Review free wifi bandara luar negeri

Bandara, salah satu tempat favoritku untuk melamun sambil melihat aktivitas pesawat. Hal lain yang membuatku nyaman di bandara tentunya adalah fasilitas free wifinya. Berikut review fasilitas wifi gratis di bandara luar negeri menurut pengalaman :

1. Yangon, Myanmar
Bandara Yangon berada sekitar 15 km dari pusat kota. Nama bandara ini adalah Yangon International Airport dengan kode bandara RGN. Bila sudah tiba di bandara, akan menjumpai wifi bertuliskan YIA, itulah fasilitas wifi bandara ini. Jika berada di bandara saat menunggu penerbangan, tentu akan jenuh pada bandara ini. Mengapa? Karena bandara ini hanya memberi waktu 2x30 menit untuk menikmati free wifi. 30 menit pertama diperoleh saat mendapatkan password di pusat informasi (public area, depan KFC, sebelum masuk imigrasi), dan wifi akan otomatis mati bila timer sudah berhenti. Lalu 30 menit selanjutnya bisa mendapatkan wifi dengan mengisi data diri (tanpa perlu bantuan petugas). Kecepatan wifi bandara ini sangat lambat. Bahkan beberapa titik tidak terjangkau wifi.
Free wifi airport
Dua cara untuk mendapatkan akses wifi gratis
Free wifi airport
Ada timernya.  Jadi gunakan internet dengan segera saat sudah terhubung

2. Ho chi minh city, Vietnam
Tan Son Nhat International Airport adalah nama bandara di kota Ho Chi Minh ini. Jarak ke pusat kota dari bandara berkode SGN ini sekitar 8 km. Wifi bisa dirasakan di segala penjuru. Bahkan hingga area taksi-taksi. Carilah wifi bandara ini dengan nama TSN Free wifi. Wifi bandara ini cukup memuaskan soal kecepatan. Untuk terhubung, tidak diperlukan mengisi data ataupun log in. Cukup ke Official website Tan Son Nhat Airport, lalu klik tombol orange besar, dan selamat karena kamu berhasil menikmati wifi bandara TIA. Tidak ada batasan waktu untuk menikmati wifi ini. Aku telah mencoba terhubung selama 4 jam. Memang terkadang wifi putus dan kita perlu menyambung ulang melalui website bandara. Namun itu bukan masalah besar jika yang kita lakukan hanya pencet sekali tombol, bukan?
Free wifi airport
TIA - Vietnam

3. Bangkok, Thailand
Bangkok mempunyai dua bandara, yang pertama adalah Suvarnabhumi Airport dengan kode internasionalnya BKK. Bandara ini merupakan bandara baru dengan desain lebih megah dibanding bandara sebelumnya. Untuk menikmati free wifi disini, diharuskan mengisi data lebih dahulu hingga mendapatkan username dan password, lalu klik login. Wifi akan aktif selama 120 menit. Satu pengguna hanya bisa merasakan 120 menit wifi setiap harinya. Sedangkan bandara lainnya adalah Don Mueang Airport dengan kode DMK. Bandaranya lebih sepi dan sederhana daripada Suvarnabhumi. Fasilitas wifi juga sama, hanya 120 menit free tiap harinya. Kecepatan wifi di BKK dan DMK ini cukup memuaskan. Aku sudah mencoba, dalam satu hari bisa mendapatkan 2 jam gratis di DMK dan 2 jam gratis di BKK. Hehee
Free wifi airport
Isi data hingga muncul gambar diatas.  Lalu klik login
Timer juga tersedia di bandara Bangkok

4. Phnom Penh, Cambodia
Bandara ini terletak 10 km dari pusat kota. Kode internasionalnya PNH dengan nama lengkap Phnom Penh International Airport. Wifi bandara ini dengan nama vinci. Cukup register (jenis kelamin, nama depan, nama belakang, email, nomor hp, password, re-enter password, checklist persetujuan). Lalu ingat-ingat email dan password yang telah dibuat agar bisa login. Setelah login, nikmati wifi gratis selama 2 jam. Wifi akan otomatis putus koneksi bila telah mencapai 2 jam. Namun tenang, matikan wifi dan nyalakan ulang agar tersambung ke wifi bandara, tentunya dengan kembali login. Jadi tidak ada batasan untuk menggunakan wifi bandara. Wifi ini aktif selama 24 jam. Namun pada pukul 11.00 pm hingga 04.00 am, area bandara akan ditutup dan tidak satupun bisa masuk ke dalam bandara sehingga pada jam tersebut akan susah mendapatkan wifi. Fasilitas wifi hanya tersedia di dalam bandara. Begitu keluar dari pintu, maka wifi tidak akan tersambung.
Free wifi airport
Harap diingat email dan password yang didaftarkan
Free wifi airport
Setelah berhasil login,  silahkan menikmati internet gratis

Jadi, liburan tetap seru tanpa harus membeli simcard lokal, bukan?


4 comments:

  1. asyik...jadi ga perlu khawatir dan mati gaya kalo lagi di bandara gara2 gada paket internet....yang penting tetap berkabar dulu, meskipun hanya dia yang dikabari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya. Wajib berkabar sama dia, biar ga bikin cemas :p

      Delete
  2. Kalo aku sih paling suka wifi di bandara KLIA, cara makenya mudah, jaringannya kencang dan luas serta waktu makenya itu lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, ulasan berikutnya akan membahas bandara KLIA kak ^^

      Delete

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^