Sunset Cantik di Candi Ngempon Semarang

Semarang masih punya banyak candi yang harus didatangi, salah satunya adalah Candi Ngempon yang merupakan peninggalan Hindu jaman dulu. Lokasinya berada di desa Ngempon, kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Cara menuju kesini (dari terminal bawen) ambil arah semarang dan di pertigaan Karangjati belok ke kanan. Lurus terus sekitar 1.4 km akan ada petunjuk untuk belok kanan ke gang kecil menuju lokasi candi. Tidak ada angkutan umum untuk sampai ke Candi Ngempon. Jadi disarankan menggunakan kendaraan pribadi untuk kemudahan mencapai tujuan.

candi ngempon
Sunset di Candi Ngempon

candi ngempon
Candi Ngempon
Tidak dikenakan biaya masuk untuk mengunjungi candi ini. Hanya akan dikenakan biaya parkir. Dari lokasi parkir , masih harus jalan kaki menyusuri tepi sawah untuk bisa mendekat ke lokasi candi. Kondisi candinya dikelilingi oleh pagar berwarna putih. Terdapat 4 candi utama yang bentuknya masih bagus. Sebenarnya di lokasi ini terdapat 9 candi. Namun karena dulu terkena longsor, maka candinya runtuh dan pemerintah menyusun ulang sebanyak 4 candi, dan sisanya masih berupa bongkahan batu-batu besar yang masih tersebar di sekitar candi. Selain bongkahan batu, disini juga ditemukan beberapa arca namun saat ini dipindahkan ke museum Ronggowarsito Semarang.

Meskipun gratis, candi ini sangat bersih dan terawat dengan baik. Banyak tanaman hias yang memberi kesan hijau di area candi. Terdapat tong sampah dan toilet di lokasi candi. Ini menjadi bukti bahwa pemerintah siap untuk menjadikan candi Ngempon menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi .

candi ngempon
Candi Ngempon

candi ngempon
Bongkahan batu yang belum tersusun sempurna
Di sekitar area candi, terdapat kolam pemandian air panas yang bersumber dari dalam bumi. Harus melewati jembatan tua nan lumayan bahaya buat sampai ke pemandian. Sebenarnya bentuk pemandiannya kurang begitu menggodaku. Kondisinya terlihat semrawut dan agak kotor. Namun tempat ini selalu ramai oleh pengunjung, apalagi saat malam hari.

candi ngempon
Jembatan tua
candi ngempon
Yakin mau mandi disini ?
Kesimpulan : candinya bagus, tidak terlalu besar, terawat dengan baik, dan tanpa dikenakan tiket masuk. Bagi pecinta sejarah wajib datang ke tempat ini. Rekomendasi kunjungan 30 menit - 1 jam.


Tips dari aku :

1. Datanglah pagi hari saat candi masih sepi dan cuaca belum panas.
2. Jaga kebersihan candi sekalipun tidak ada petugas yang menjaga / mengawasi


Nama            : Candi Ngempon

Alamat          : Desa Ngempon, kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang
Tiket masuk  : free (2016)