Serunya Melihat Hamparan Rawa Pening dari Atas Bukit

Here I am! Gua Rong, Tuntang ! Kabupaten Semarang memang memiliki banyak wisata alam yang indah, salah satunya Gua Rong Tuntang yang berada di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Akses menuju tempat ini sangatlah mudah. Dari Bawen, ambil lurus arah Salatiga. Nah setelah jembatan Tuntang, belok ke kiri. Lurus aja terus sampai melewati Tlogo Plantation Resort. Sampai disitu, tanyalah warga dimana gang untuk belok ke Gua Rong (gang nya kecil dan tidak ada petunjuk arah untuk menuju Gua Rong). 


Goa rong
Hamparan Rawa Pening
Harga tiket masuk sangat terjangkau. Hanya Rp. 5000 / orang dan parkir Rp. 2.000 / kendaraan. Setelah beli tiket, lurus aja terus sambil menikmati tanjakan dan belokan jalanan yang dihiasi pemandangan indah. Area parkir tidak begitu luas dan tidak ada peneduh untuk melindungi dari hujan. Namun petugas akan selalu keliling untuk mengawasi keamanan area parkir. 

Goa rong
Pemandangan dari atas Gua Rong

Sejauh mata memandang, hanya ada hijau pepohonan dan rawa pening jauh disana. Beberapa gunung juga terlihat dari sini. Tersedia beberapa gazebo dengan nama-nama gunung di setiap gazebo yang berada di area ini. 

Goa rong
Gazebo dengan nama gunung

Ada pula resto yang menawarkan pemandangan indah, namun menu dan pelayanannya kurang istimewa. Toilet tersedia dengan kondisi cukup bersih dan airnya jernih segar khas bebukitan. Oiya ada mushola juga disini, dan ini adalah mushola terindah yang pernah aku jumpai. Jadi arah kiblatnya hanya dibatasi kaca bening yang bisa lihat langsung pohon-pohon dibawah sana. Meskipun tidak begitu luas, tapi aku tetap terpesona dengan musholanya. Heee

Goa rong
Pemandangan dari atas bukit Gua Rong

Kenapa namanya Gua Rong ? karena dibawah sana  terdapat Gua kecil yang namanya Gua Rong. Untuk menuju gua tersebut harus menuruni puluhan anak tangga dengan kondisi yang dikelilingi oleh semak-semak dan tanpa pengaman atau pembatas. Jadi kalau tidak fokus jalan, akan ada resiko jatuh entah kemana dan bagaimana. Anak tangganya juga besar-besar dan kondisinya tidak begitu sempurna (banyak lubang sana sini). Pokoknya bikin capek kalau turun-naik. 

Goa rong
tangga menuju Gua Rong

Meskipun tempat ini berada di ketinggian (semacam di puncak bukit), namun aku tidak merasakan kedinginan. Entah sarafku yang sudah mati rasa atau gimana ya. 


Kesimpulan : Tempat ini merupakan tempat wisata murah dengan menyuguhkan pemandangan indah dan akses yang mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi. Tidak ada angkutan umum untuk menuju tempat ini. Rekomendasi kunjungan 2-3 jam.

Tips dari aku : 

1. Pastikan kendaraan dalam kondisi sehat karena jalanan yang naik dan turun secara berkelok 
2. Bawa jaket buat yang tidak tahan dingin, siapa tau turun hujan dan berkabut
3. Jangan terlalu sore untuk datang ke tempat ini karena jam 17.00 sudah mulai sepi pengunjung.

Nama : Gua Rong Tuntang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Alamat :  Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang (klik map disini)
Tiket masuk : Rp. 5.000 / orang (2016)

Goa rong
Hanadulset..

0 comments:

Post a comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^