Kebersamaan dalam menuju masa depan yang lebih indah


Aku percaya, orang-orang hebat selalu menyusun masa depan mereka sedini mungkin. Ini adalah rangkaian tentang sebuah masa depan. Masa depan kita? Kita? Aku dan dia? Ohh jangan baper. Ini bukan membahas soal asmara. ini hanya membahas masa depan yang akan terjadi di kemudian hari (ya iyalah !). 



Aku sengaja cari event yang sedang berlangsung saat kedatanganku. Akhirnya aku menemukan event yang hmmm, sepertinya bagus. Lokasinya berada di 30 Marina Boulevard dan mudah di akses menggunakan MRT. Pokoknya keluar Bayfront MRT station ambil exit B langsung gampang cari petunjuk dimana event tersebut berada. Ini juga salah satu nilai plus karena aku lebih suka kemana-mana pakai MRT ketimbang pakai moda transportasi lain.


Future of Us
Antusias pengunjung saat menulis segala harapan mereka
Future of Us
Lokasinya dekat banget kan sama Bayfront MRT
Future of Us
Denah lokasi pameran



How to get there ?

Here's some information about all the available options to help you decide which type of transport suits you best :

Walking
1. From the Helix Bridge towards the Art Science Museum :
Follow the footpath under the vehicular bridge that leads towards Bay South Garden, and then take the footpath towards the Dragonfly Lake.
2. From Marina Bay Sands :
Walk across the overhead bridge (Lions Bridge) located at Marina Bay Sands Hotel (open daily from 8:00 AM to 11:00 PM), or take the underground link way via Bayfront MRT Station (CE1/DT16)(Exit B).

Trains and Buses
1. Via the Circle Line or Downtown Line :
Alight at Bayfront MRT Station (CE1/DT16). Take Exit B and follow the underground linkway. Exit the MRT station and walk right to reach the Arrival Plaza. Do factor in 5 minutes to reach the Arrival Plaza from the MRT Station.
2. Via the East-West Line :
Alight at Tanjong Pagar MRT Station (EW15). Take Exit C and head towards the bus stop 03223 located at International Plaza, Anson Road. Hop onto bus service 400 and alight 6 stops later at bus stop 03371 along Marina Gardens Drive. Walk about 10 to 15 minutes through Gardens by the Bay to reach the Arrival Plaza.

OR

Transfer to Circle Line at Paya Lebar MRT Station (EW8/CC9). Take the train to Bayfront MRT Station (CE1/DT16). Take Exit B and follow the underground linkway. Exit the MRT station and walk right to reach the Arrival Plaza. Do factor in 5 minutes to reach the Arrival Plaza from the MRT Station.

Ini adalah pameran yang memperlihatkan bagaimana Singapura akan tumbuh dalam beberapa tahun kedepan dan seperti apa segala kenyamanan yang akan didapatkan oleh penduduk setempat mengenai dunia bekerja, bermain, bersantai, dan lain-lain. 
Future of Us
Ruang tunggu sebelum masuk ke dome


Tidak ada batasan usia untuk mengikuti pameran ini. Dari anak-anak hingga lansia diperbolehkan hadir kesini. Pameran ini diperuntukkan bagi warga Singapore. Namun semua orang baik wisatawan mancanegara juga diperbolehkan hadir. 
Future of Us
Kondisi di dalam dome

Future of Us
Kerlipan bintang di langit langit dome
Future of Us
Penjelasan multibahasa
Pameran ini memanggil seluruh warga Singapura untuk berbagi harapan dan impian mereka untuk diri mereka sendiri , keluarga dan bangsa. 



The Future Of Us berlangsung selama kurang lebih 3 bulan. Tickets for the exhibition  is free. Ya, tiket memang free namun setiap orang hanya dibatasi maksimal menonton sebanyak 3x selama periode pameran ini berlangsung. Tentunya aturan ini berkaitan dengan memberi kesempatan bagi yang lainnya untuk ikut melihat pameran ini. Booking online bisa dilakukan di The Future of Us Singapore .

Future of Us
Booking online biar langsung masuk



Sekali booking bisa digunakan untuk maksimal 8 orang. Tentunya kita juga bisa pilih jam penayangan sesuai dengan ketersediaan seat saat melakukan booking online. Serunya lagi, pameran ini buka setiap hari. Tidak peduli weekend or public holidays, tetap bisa kesana kok (last admission at 8.30 pm).


Future of Us
Gradasi warna di langit-langit dome
Future of Us
Menggunakan sepeda pribadi untuk menuju MRT
Future of Us
Interaksi sesama manusia di masa depan
Future of Us
Rancangan masa depan warga Singapura
Future of Us
Membuat area bermain yang ramah untuk warga berkebutuhan khusus
Future of Us
Selesai, lanjut ke bilik sebelah



The Future Of Us  berlangsung didalam dome  raksasa yang dibuat dengan teknik pencahayaan yang sempurna dan juga AC berfungsi dengan baik sehingga membuat pengunjung merasa nyaman saat berada disini. Untuk sekali pertunjukkan, bisa menampung banyak orang. Namun hebatnya, aku benar- benar tidak merasakan kepanasan saat berada di dalam dome hingga acara ini selesai. Tempat ini juga dirancang untuk nyaman digunakan saat hujan. Jadi pas aku kesana itu pas turun hujan deras, dan aku sama sekali tidak basah. 




Acara ini mempunyai 5 tema yaitu Our Community, Our Environment, Our Identity, Our Opportunities, and Our Well-being. Setiap tema akan membuat mata semakin terpana bagaimana masyarakat Singapura sungguh memikirkan masa depan mereka dari sekarang. Pameran ini mempunyai subtitle multibahasa, yaitu China, India, Inggris, dan Melayu sehingga memudahkan pengunjung untuk memahami alur dari pameran ini. Ahh,, aku benar-benar cemburu !


Future of Us
Kondisi di dome kedua
Future of Us
Lagi, penjelasan dalam multibahasa
Future of Us
Pertunjukkan yang memanjakan mata
Future of Us
Gambaran masa depan Singapura
Future of Us
Masa depan Singapura dalam berkendara bagi warga berkebutuhan khusus
Future of Us
Harmoni alam dalam kecanggihan teknologi Singapura
Future of Us
Kehidupan laut
Future of Us
Gedung tinggi di Singapura



Pastikan datang ke tempat ini 20 menit sebelum jam pertunjukkan dimulai. Serahkan bukti booking online pada petugas yang berjaga di pintu masuk. Apabila terlambat datang, tidak akan diperbolehkan masuk meskipun hanya beberapa menit terlambat. Pengunjung yang terlambat akan dialihkan ke jam penayangan selanjutnya bila memungkinkan dan seat masih tersedia. 




Jika tidak sempat booking online, pengunjung juga bisa melakukan booking offline di ticket counter yang tersedia. Namun saran aku baiknya dari rumah udah booking duluan ya. Tempat ini merupakan tempat bebas asap rokok. Jadi sangat dilarang untuk merokok di area ini. Tidak diperbolehkan membawa binatang peliharaan ke tempat ini. Boleh membawa botol minum untuk melepas dahaga, namun dilarang membawa makanan atau minuman lainnya. And yes, the venue is wheelchair friendly. So hurry up to book your free ticket now !


Future of Us
Pola hidup yang ramah lingkungan
Future of Us
Model bangunan Singapura yang memiliki ruang hijau di setiap lantai
Future of Us
Bangunan masa depan yang peduli lingkungan
Future of Us
Bangunan masa depan di Singapura
Selesai menonton pameran,ada juga stand yang membuat mini game. Diharuskan mengisi data diri dulu sebelum mengikuti game yang ada. Game nya gampang banget, Cuma nonton video, lalu kita kira-kira aja itu video termasuk dalam tema apa. Nah jawabannya berupa stamp warna warni yang harus di cap di kertas. Setelah mengisi, tukarkan kertas jawaban tersebut menjadi sebuah pin atau goody bag cantik di depan pintu kedatangan. 

Future of Us
Goody Bag Cantik setelah ikut mini game
Future of Us
Segala harapan untuk Singapura
Jangan lupa coba juga fitur ‘the galaxy of dreams’. Disana kita bebas menulis harapan kita pada mesin yang telah tersedia dengan layar sentuh. Lalu harapan tersebut akan muncul di atas dome yang super besar dan kita harus menengadahkan kepala untuk menunggu dan membaca harapan yang kita tulis tadi. Tentunya kita juga bisa membaca harapan yang ditulis oleh orang lain juga. Seru deh ! 

Future of Us
Tulis harapanmu, untuk Singapura
Future of Us
Lihat, setiap orang berharap yang terbaik untuk Singapura



Kesimpulan :

The exhibition was great and you should go there to exposure to know what the future will be like. We can see that they are build an even more beautiful environment, an even better future, a caring society and a more vibrant society. Sungguh tidak akan menyesal untuk datang ke tempat ini. Rekomendasi kunjungan 1-2 jam.  



Tips dari Aku : 

1. Bawalah anak kecil karena pertunjukkan ini sangat mengedukasi
2. Patuhi aturan untuk tidak membawa makanan dan minuman di area ini
3. Makan dari rumah agar tidak merasa lapar saat datang ke pameran ini.



Event name   : The Future of Us Singapore

Location       : 30 Marina Boulevard, near Gardens by the Bay (Bay South) Singapore
Admission    : Free
Official website : The Future of Us Singapore

0 comments:

Post a comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^