Pesta Rakyat Jawa Tengah Nuansa Internasional

Jateng Fair merupakan pesta tahunan masyarakat Jawa Tengah dalam rangka perayaan hari jadi Provinsi Jawa Tengah. Biasanya acara ini digelar di Ibukota Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kota Semarang. Beruntunglah warga Semarang karena bisa dengan mudah untuk mengunjungi Jateng Fair karena lokasinya yang berada di tengah kota dan mudah dijangkau dengan angkutan umum.

Pada tahun ini acara Jateng Fair terlihat jauh berbeda dibanding konsep-konsep di tahun sebelumnya. Banyak perubahan yang dilakukan untuk menarik pengunjung di tahun 2016 ini. Dan pada tahun ini pula Jateng Fair digelar jauh lebih lama dibanding tahun sebelumnya. 

Jateng Fair 2016 berlangsung pada tanggal 5 Agustus 2016 hingga 4 September 2016 dengan lokasi sama yaitu di PRPP Anjasmoro Semarang Barat. Hanya dibutuhkan waktu 5 menit untuk sampai ke lokasi Jateng Fair dari Bandara Ahmad Yani Semarang.  Tiket masuk untuk hari Senin – Jumat Rp. 15.000, sedangkan Sabtu dan Minggu Rp. 20.000. Buka dari sore hingga malam hari. Khusus hari Minggu, buka dari siang hingga malam hari.

Apa saja yang di dapatkan? 

Pertama masuk, pengunjung akan dapat :
1. Tiket masuk 
2. Tiket undian doorprize yang berhadiah mobil dan diumumkan pada akhir penyelenggaraan Jateng Fair
3. Kupon 1 cup es gratis
4. Kupon potongan harga untuk pembelian air mineral
5. Kupon potongan harga Rp. 5.000 untuk masuk ke Puri Hantu
6. Kupon potongan 30% di toko baju
7. Kupon cashback Rp. 10.000 di toko accesories

Gerbang masuk di acara Jateng Fair kali ini juga cukup unik. Gerbang yang tersedia dihiasi oleh tema berbeda antara satu gerbang dengan gerbang lainnya. Tema gerbang meliputi Candi Borobudur, Laksamana Cheng Ho, Padang Bunga, Karimun Jawa, Dieng, Jepara, dan Demak. Jadi pengunjung tidak perlu bingung untuk keluar karena setiap gerbang ada penanda tersendiri. 

Selain itu, tentunya pengunjung bisa menikmati 7 tema acara Jateng Fair dengan bebas. Tema tersebut meliputi :

1. Wonderful Light Garden

Tema ini masih sama dengan tema di tahun – tahun sebelumnya yaitu dengan sajian beraneka ragam hewan, tanaman dan gapura yang dihiasi lampu warna warni. Yang berbeda di tahun ini yaitu dengan adanya tokoh-tokoh pemimpin Indonesia yang juga dihias dengan lampu warna warni dan terletak di samping panggung utama. 

jateng fair 2016
Para pemimpin Indonesia di acara Jateng Fair 2016


jateng fair 2016
Gorilla besar

2. Suwe Ora Jamu
Suwe Ora Jamu merupakan obat rindu bagi para pecinta jamu yang semakin hari semakin susah menemukan pedagang jamu. Disini akan ada banyak penjual jamu yang juga dilengkapi dengan edukasi seputar jamu sehingga para pengunjung bisa lebih mendalami khasiat-khasiat jamu.
  
3. Mobil-Motor-Sepeda Kuno
Mobil, minibus, motor, dan sepeda kuno juga ikut tampil dalam perayaan Jateng Fair 2016. Lokasi pameran berada di dalam gedung. Terdapat tulisan dilarang menyentuh semua koleksi mobil / motor / minibus / sepeda kuni yang ada disini. Jadi mohon patuhi aturan yang telah dibuat oleh penyelenggara demi kelancaran acara ini. 

jateng fair 2016
pose bersama piagam penghargaan

4. Komunitas Cosplay
Cosplay atau Costume Play juga menjadi salah satu daya tarik di Jateng Fair. Banyak pengunjung ingin berfoto dengan tokoh-tokoh idola mereka disini. 

5. Taman Ria

Taman Ria merupakan tempat dimana pengunjung bisa menikmati permainan-permainan selayaknya di pasar rakyat. Permainan yang tersedia disini meliputi : Bungee Trampoline, Trampoline, Kora-Kora, Safari train, Fun bike, Becak mini, Sekuter, Perahu dayung, Helicak, Bianglala, Boom Boom car , Bola Air, dan lain lain. Setiap permainan akan dikenakan tiket tersendiri yang bisa di beli di loket penjualan tiket yang berada di dekat wahana tersebut. Aku berkesempatan mencoba menikmati Bungee Trampoline. Hanya dengan Rp. 20.000 sudah bisa merasakan hembusan angin dari ketinggian selama kurang lebih 5 menit.

6. Semarang Tempo Doeloe
Semarang Tempo Doeloe merupakan pameran segala macam barang kuno di Semarang. Koleksi yang ditampilkan sangat banyak dan mampu membuat pengunjung mampir ke tempat ini. 

jateng fair 2016
Salah satu tema Jateng Fair 2016

7. Spectacular Dancing Fountain
Dan inilah tema unggulan di acara Jateng Fair tahun 2016 ini. Dancing Fountain merupakan pertunjukan air mancur menari yang memiliki ketinggian hingga 25 meter dengan diiringi alunan music dan juga lampu warna warni. Lokasi pertunjukan berada di Tamansari PRPP. Dancing Fountain ini merupakan pertama yang aku lihat di Jawa Tengah. Pertunjukkan dancing fountain ini juga disisipi oleh pertunjukkan water show dimana pengunjung bisa melihat video dari air mancur berukuran sekitar 15 meter. Water show ini hampir sama dengan pertunjukkan yang ada di Singapura. Spectacular Dancing Fountain berlangsung sekitar 15 menit. Setelah itu, panitia akan menyedot air yang tumpah di sekitar kolam dan kemudian melanjutkan pertunjukkan pada sesi berikutnya. Setiap malam ada 3 sesi pertunjukkan. Namun pada hari Sabtu dan Minggu, akan ada 4 pertunjukkan dengan jam tayang 19.30 WIB, 21.00 WIB, 22.00 WIB, dan 23.00 WIB. 

Ada juga komunitas pecinta hewan yang turut mengajak hewan kesayangan mereka ke tempat ini. Sebagian koleksi dari komunitas tersebut juga dijual untuk umum sehingga menjadi magnet tersendiri saat di dalam gedung pameran bisa menjumpai hewan-hewan lucu. Tersedia juga layar lebar lengkap dengan belasan kursi untuk sejenak istirahat sambil menonton film Upin Ipin. Semula aku juga pengen nonton, tapi ternyata kursinya sedang full :(

jateng fair 2016
3D art Semarang juga ada di Jateng Fair 2016
Oiya buat kamu para traveler, jangan lupa kunjungi stand PT. KAI di Jateng Fair ya karena disana bakal mendapatkan diskon 10% untuk pemesanan tiket kereta api yang dilakukan di stand KAI Jateng Fair, dengan tanggal keberangkatan antara 05 Agustus 2016 hingga 30 September 2016. 

jateng fair 2016
Warna warni lampu

 Lebih dari ratusan stand UKM, pedagang kaki lima, BUMN, dan swasta juga ikut memeriahkan acara ini. Ada juga panggung hiburan yang dimeriahkan oleh puluhan artis nasional di acara Jateng Fair ini. Untuk melihat artis-artis yang datang ke acara ini, tidak diperlukan tiket tambahan karena tiket masuk yang dibayarkan saat pertama datang sudah meliputi segala fasilitas yang ada di area PRPP ini. 

jateng fair 2016
Denah lokasi Jateng Fair 2016
Kesimpulan : 
Acara di tahun 2016 jauh lebih variatif dan tidak membosankan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Acara ini juga digelar dengan durasi lebih lama sehingga pengunjung bisa leluasa untuk memilih tanggal kunjungan ke Jateng Fair ini. 



Tips dari aku :

1. Datanglah sore hari agar bisa menikmati segala tema yang ada di sini
2. Beri pengawasan terhadap lansia dan anak kecil agar tidak terpisah dari rombongan. 
3. Jaga barang bawaan karena kondisi sangat ramai dan memungkinkan terjadi tindakan kejahatan
4. Datang sore hari juga memiliki keuntungan untuk memilih area parkir yang lebih dekat dengan pintu masuk
5. Pilih area untuk menonton Dancing Fountain di sisi selatan / utara karena di sisi barat dan timur akan kena cipratan air mancur yang cukup membuat basah baju pengunjung
6. Rekomendasi kunjungan 5 jam 

Nama Acara : Jateng Fair 2016

Alamat : PRPP Anjasmoro, Semarang Barat
Tiket masuk : Rp. 15.000 (weekday), Rp 20.000 (weekend)
Official website : Jateng Fair Official Website
Telepon : (+ 62)247617434 atau (+62)247617433

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah . 


0 comments:

Post a Comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^