Sensasi blusukan pasar tradisional 서귀포매일 올레시장

Tanpa direncanakan sebelumnya, akhirnya kita ‘blusukan’ ke salah satu pasar tradisional di pulau Jeju ini. Tidak ada gambaran apapun mengenai pasar yang akan aku kunjungi ini. Membayangkan seperti apa dan bagaimana pun, tidak. Ah, paling juga sama seperti pasar-pasar di dekat rumah (gumamku).

Setelah mendapatkan lokasi parkir yang strategis, kita semua turun dan jalan perlahan menuju pasar. Baru juga jalan sebentar, ada hal aneh yang aku rasakan. Kaki ku menginjak sesuatu !
Ternyata trotoar di area pasar tersebut dilapisi karpet yang menyerupai rumput sintetis yang sangat kenyal sehingga terasa berbeda di kaki. Panjang banget dan sebenarnya aku kurang paham itu namanya apaan dan fungsinya apa. Yang jelas di kaki berasa nyaman dan enak buat jalan. Terlebih lagi bila membawa anak kecil yang sering jatuh kalau pas lari-larian, pastinya akan lebih aman kalau dilapisi oleh karpet tersebut kan ?

Baru sebentar masuk pasar, udah seneng lagi karena buah-buahan segar sangat berlimpah disini. Aduh ini mata ga rela buat berkedip deh rasanya. Baru kali ini juga aku melihat langsung seperti apa buah peach (yang selama ini aku cuma lihat dari bungkus body cream). Oiya ruas jalan di dalam pasar juga terbilang luas loh, dan tidak ada cerita saling senggol antar pembeli karena sempitnya jalan. Luas banget dan jauh berbeda dengan pasar di dekat rumah yang buat lewat 2 orang aja udah senggolan pantatnya.

seogwipo market
Kondisi di dalam pasar

Pasar ini merupakan salah satu pasar terbersih yang direkomendasikan oleh Korea  Tourism Organization. Sebenarnya ada banyak pasar bersih di Jeju Island ini. Diantaranya adalah Gukje Market, Chuncheon Romantic Market, Sinpo International Market, Suwon Paldalmun Market, Sokcho Fish Market, Wonju Jungang Market, Cheongju Yukgeori Market, Daejeon Jungang Market, Gwangju Daein Art Market, Jeonju Nambu Traditional Market, Daegu Seomun Market, Andong Jungang New Market, Bupyeong (Kkangtong) Market, Gyeongju Jungang Market, Seogwipo Olle Market (Formerly Seogwipo Maeil Market), and Jeju Dongmun Traditional Market. Kali ini aku berkesempatan untuk mengunjungi Seogwipo Maeil Olle Market (서귀포매일 올레시장).

seogwipo market
Kondisi sebelum masuk pasar

seogwipo market
Beberapa langkah setelah masuk pasar

Seogwipo Maeil Olle Market is the largest market in Seogwipo. Seogwipo merupakan salah satu kota di Jeju dengan luas wilayah sekitar 254,57 km². Seogwipo Maeil Olle Market sudah ada sejak tahun 1960. Hingga saat ini , pasar tersebut masih beroperasi setiap hari dari pukul 07.00 pagi hari hingga 21.00 malam. Lebih dari 100 pedagang kaki lima dan 200 toko menghiasi keramaian pasar ini. Produk yang ada disini meliputi rumput laut, ikan asin, buah-buahan segar, kimchi, tteokbokki, coklat, kerajinan tangan, baju, dan lain-lain.

seogwipo market
Tuh lihat, bersih banget kan lantai pasarnya ?

Aku membeli jeruk, peach, dan juga coklat Jeju. Coklatnya menggoda banget soalnya. Packagingnya juga menarik. Ada beberapa paket pembelian beli 2 gratis 1 juga. Eh tapi buat beli coklat, ga bisa nawar harga loh meskipun aku sudah mencoba menggoyangkan harga. Tapi tenang, aku ga kehabisan akal. Berusaha ramah se ramah-ramahnya sama penjual, dan ternyata aku mendapatkan free gifts (coklat tanpa kardus, hanya kemasan plastik) yang buanyak buanget. Gift nya bisa hampir se kilo sendiri. Lumayan kan buat cemilan di jalan ^^. Tapi sampe Seoul pun masih ada tuh coklat bonusannya, saking banyaknya dan cuma aku yang demen ngemut coklat dibanding temen-temenku yang lain.

seogwipo market
Coklat Jeju yang warna biru ^^

seogwipo market
Peach nya telah menggodaku :(

seogwipo market
Buah-buahan di pasar ga kalah segernya di banding yang di supermarket kan ?

seogwipo market
Cemilan khas Jeju

seogwipo market
Di pasar juga ada penjual pakaian

seogwipo market
Ini hasil kerajinan warga lokal sana

seogwipo market
Ini juga hasil kerajinan warga Jeju

Setelah selesai belanja, kita semua segera keluar dari pasar dan mencari tempat makan untuk mengisi tenaga ^^

Kesimpulan : Pasarnya besar, bagus, dan bersih. Ruas jalannya luas dan juga pedagangnya menata barang dagangan dengan rapi. Tidak tercium bau amis saat aku melintasi area penjual ikan. Pasar ini juga dilengkapi hiasan bendera Korea Selatan yang menggantung di bagian atas toko. Beberapa sudut juga tersedia kursi untuk beristirahat sejenak bagi para pembeli.

Tips dari aku :
1. Bawa uang yang banyak buat beli buah, sayur dan ikan segar disini
2. Jalannya lebar jadi bisa bawa stroller ke dalam pasar
3. Cobain berbagai makanan khas Jeju di pasar ini ^^

seogwipo market
Sudah nenteng kresek semua ^^ sudah puas belanja (sensor karena muka udah kucel semua)

Nama : Seogwipo Maeil Olle Market (서귀포매일 올레시장)
Address : 22, Jungjeong-ro73beon-gil, Seogwipo-si, Jeju-do 제주특별자치도 서귀포시 중정로73번길 22 (서귀동)
Open daily : 07.00 – 21.00
Phone : +82-2-1330 (Korean, English, Japanese, Chinese)
More info : +82-64-762-2925
Official website : Market Jeju



0 comments:

Post a comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^