Keliling Surakarta Ditemani Werkudara

Surakarta, kota yang terkenal dengan batiknya, keratonnya, dan segala keramahan penduduknya. Kota ini ternyata memiliki keunikan di sisi lain, yaitu bisa mengajak wisatawan keliling kota menggunakan bus tingkat. Tidak seperti Jakarta yang memang digunakan untuk transportasi utama, di Surakarta bus tingkat ini memang di khususkan hanya untuk jalan-jalan.

Perkenalkan, nama saya Werkudara. Lahir pada tanggal 20 Februari 2011. Tinggi hampir 4,5 meter dan lebar hampir 2,5 meter. Kapasitas tempat duduk 52 seat (atas 30 seat, bawah 22 seat).

werkudara
Werkudara, si gagah dari Surakarta


Jangan heran bila laju bus ini sedikit lambat. Alasannya yaitu agar wisatawan bisa menikmati setiap sudut kota Solo yang dilewati oleh bus ini. Bus akan berjalan selama kurang lebih 2 jam, tergantung kondisi jalan raya. Bus akan berhenti sejenak di beberapa titik dan penumpang dipersilahkan turun untuk berfoto di spot yang disinggahi. Beberapa spot yang dilewati antara lain : Keraton Surakarta, Kampung Batik Kauman dan Laweyan, Mangkunegaran, Museum Radya Pustakan dan sejumlah tempat lainnya.

Bus Werkudara ini mempunyai 4 pintu. 1 pintu di sebelah kanan bawah untuk sopir bus, dan 3 pintu di sebelah kiri bawah untuk para wisatawan.

werkudara
3 pintu di sisi kiri bus

werkudara
Salah satu tempat pemberhentian : Bank Indonesia Surakarta




Meeting point

Bus mulai berjalan dari kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta dan akan kembali ke tempat yang sama. Kantor  Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta  ini terletak di depan Stadion Manahan Surakarta sehingga sangat mudah untuk dicari. Bus ini hanya beroperasi pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya. Umumnya hanya ada 1x keberangkatan per hari. Namun apabila wisatawan yang datang lebih banyak, maka tidak menutup kemungkinan bus ini akan keliling sebanyak 2x atau bahkan 3x. Saat ini hanya tersedia 1 armada bus tingkat warna merah ini. Bus telah mengalami beberapa perubahan design pada body. Namun dominan warna bus tetap menggunakan warna merah.

werkudara
Bus Werkudara


Harga tiket ?

Dulu saat aku mencoba bus ini, harga tiket adalah Rp. 20.000 / orang pada tahun 2014. Hebatnya, di tahun 2016 ini harga tiket tidak mengalami kenaikan, yaitu tetap Rp. 20.000 / orang dan wisatawan bebas memilih seat apakah duduk di atas atau di bawah. Enaknya duduk di bawah yaitu bisa merasakan AC. Sedangkan duduk di atas bisa merasakan hembusan angin alami dan sesekali bisa berjabat tangan dengan ranting dan dedaunan. Hehehe. Untuk wisatawan yang akan berkunjung dengan banyak pasukan, bus ini juga bisa di booking. Harga hanya Rp. 800.000 untuk 3 jam, dan boleh menentukan sendiri rute mana saja yang akan dilewati (selama memungkinkan). Bila sewa bus melebihi 3 jam, maka akan dikenakan biaya tambahan per jam nya sekitar Rp. 250.000. Pemesanan bus dapat dilakukan minimal satu hari sebelum keberangkatan dan tentunya wajib memberikan tanda jadi minimal 25% dari harga sewa.

werkudara
Para wisatawan yang keliling menggunakan bus Werkudara

Pembelian tiket ?

Pembelian tiket bisa dilakukan di kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta  yang beralamat di Jalan Menteri Supeno No. 7  Manahan (hanya dilayani pada hari & jam kerja). Atau bisa juga menghubungi CP pemesanan bus dengan bapak Sandi 085229790462 atau Ibu Indri 085642005156.

Kesimpulan : Bus nya bagus, AC berfungsi dengan baik. Wisatawan juga bisa berfoto sejenak saat bus berhenti di beberapa titik sehingga bisa lebih menikmati kota Solo dan tidak jenuh berada di dalam bus terlalu lama.

Tips dari aku :
1Bawalah air minum agar tidak haus selama di jalan.
2. Jangan buang sampah sembarangan baik di dalam, maupun luar bus.
3. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk berfoto saat bus sedang berhenti di beberapa tempat

Nama : Bus Werkudara
Tiket : Rp. 20.000 / orang (2016)
Alamat : Jalan Menteri Supeno No. 7  Manahan (kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta)
official website : Pemerintah Surakarta



Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah .


2 comments:

  1. ayok di agendakan dong mas. seru loh naik bus Werkudara ini

    ReplyDelete

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^