Kitiran, Mainan Anak-anak Dikemas Menjadi Sebuah Festival

Minggu pagi, setelah menyusuri sungai Oyo dan jelajah bebukitan kebun buah akhirnya kami berhenti di pusat keramaian. Beberapa kali terlihat area parkir yang dijaga oleh penduduk sekitar sebelum sampai ke tempat tujuan. Rupanya saat itu warga desa Sriharjo sedang mengadakan Festival Sewu Kitiran. 

sewu kitiran Imogiri Bantul
Sumringahnya anak-anak Bantul di Festival Sewu Kitiran

sewu kitiran Imogiri Bantul
Kitiran diletakkan diatas pilar kayu agar tertiup angin

Festival Sewu Kitiran (Seribu Kincir) merupakan pesta rakyat yang berlokasi di dusun Sompok desa Sriharjo Bantul. Pemilihan desa ini salah satunya karena mempunyai lokasi yang sangat bagus yaitu diapit oleh dua tebing indah serta aliran sungai Oyo yang layak dikunjungi dan bisa dijadikan sebagai tempat wisata baru. Festival ini diprakarsai oleh Sekolah Vokasi UGM bersama warga Sompok dan Kedungmiri yang juga didukung Dinas Pariwisata DIY dengan tujuan untuk pengembangan kemandirian wisata desa. 

sewu kitiran Imogiri Bantul
Meriahnya Festival Sewu Kitiran Imogiri Bantul 2016

Pada tahun ini, Festival Sewu Kitiran diadakan pada tanggal 20 November 2016 mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Ini merupakan acara yang ketiga, setelah sebelumnya digelar pada tahun 2014 & 2015. Festival Sewu Kitiran menampilkan seluruh koleksi kitiran hasil kreatifitas warga dan penyelenggara. Keuntungan lain dari diadakannya festival Sewu Kitiran di desa Sriharjo ini yaitu sisi geografisnya yang sangat mendukung sehingga kitiran akan terus berputar oleh tiupan angin dan mengeluarkan bunyi-bunyian. 

sewu kitiran Imogiri Bantul
Panggung acara yang berada di tengah sawah

Selain menghias area dengan ratusan kincir, panitia juga menyediakan panggung terbuka yang digunakan untuk pementasan selama acara Festival Sewu Kitiran ini berlangsung. Mengapa hanya ratusan kincir di acara Festival Sewu Kitiran? Karena sewu (seribu)  hanya sebagai makna simbolik melambangkan kekuatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan desa wisata agar menarik wisatawan domestik maupun manca negara.

sewu kitiran Imogiri Bantul
Area untuk para pengunjung

Tidak diperlukan tiket masuk untuk menikmati Festival Sewu Kitiran ini. Pengunjung bisa menikmati beberapa pertunjukkan yang ada, seperti jathilan, gejog lesung, pencak rancak, kirab kitiran bocah, tari kitiran dan musik etno. Tidak hanya pertunjukkan saja, ternyata pengunjung juga bisa melihat keseruan berbagai lomba disini, seperti lomba kitiran, menanak tiwul, fotografi, mewarnai gerabah & layang-layang, dan lomba kuliner tradisional. 

sewu kitiran Imogiri Bantul
Singkong dijemur sebelum diolah menjadi tiwul

sewu kitiran Imogiri Bantul
Warga sekitar bergotong-royong untuk memeriahkan lomba menanak tiwul

sewu kitiran Imogiri Bantul
Kompor tradisional dengan bahan bakar kayu

sewu kitiran Imogiri Bantul
Perlombaan menanak tiwul akan segera dimulai

sewu kitiran Imogiri Bantul
Tarian tradisional yang diperagakan oleh warga sekitar

Perayaan Festival Sewu Kitiran ini juga bertepatan dengan pelaksanaan Jogja International Heritage Walk. Untuk rute Imogiri, para peserta JIHW tentunya akan melewati desa Sompok dan bisa berhenti sejenak menikmati segala atraksi budaya beserta kulinernya. Uniknya, festival ini juga menyediakan berbagai makanan tradisional secara gratis agar bisa dinikmati oleh para pengunjung, termasuk peserta JIHW yang membutuhkan banyak tenaga. 

sewu kitiran Imogiri Bantul
Semuanya gratis, termasuk wedang uwuh

sewu kitiran Imogiri Bantul
Makanan tradisional yang disajikan gratis untuk para pengunjung

sewu kitiran Imogiri Bantul
Makanan gratis untuk para pengunjung Festival Sewu Kitiran

sewu kitiran Imogiri Bantul
Keripik tempe khas Imogiri
sewu kitiran Imogiri Bantul
Perlombaan menanak tiwul hingga tahap penyajian

sewu kitiran Imogiri Bantul
Setiap meja dilengkapi informasi RT berapa, dan lauk apa saja yang menghiasi tiwul

sewu kitiran Imogiri Bantul
Kendi tradisional juga ikut menghiasi meja perlombaan loh

Kesimpulan : Festival Sewu Kitiran merupakan salah satu upaya pemerintah DIY untuk mempopulerkan dusun wisata Sompok. Selain memberikan keindahan alam, disini juga terdapat wisata edukasi kreatif, dimana merupakan ruang bagi warga sekitar untuk mengembangkan segala potensi desa. Area festival cukup luas dan panitia tersebar di beberapa titik untuk mengawasi agar acara berjalan dengan lancar. 

Tips dari aku :
1. Jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan
2. Bertanya dahulu sebelum mengambil makanan, karena beberapa diantaranya masih dalam tahap penilaian juri sehingga belum bisa dinikmati secara langsung

Nama : Festival Sewu Kitiran
Alamat : Dusun Sompok, desa Sriharjo, Bantul
Tiket masuk : gratis

2 comments:

  1. Replies
    1. oh rupanya disini titik perpisahan kita ya. aku agak lama mampir sini mas

      Delete

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^