Matahari Terbit di Ujung Pulau Jawa

Sebenarnya pantai ini tidak termasuk dalam rencana perjalanan. Namun salah satu warga lokal merekomendasikannya untuk kami. Akhirnya kami meluncur ke pantai ini.


Pantai Boom terletak di Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya mudah di akses dan beberapa ruas jalan juga terpampang petunjuk arah untuk menuju pantai Boom. Dulu pantai ini mempunyai fungsi penting sebagai jalur niaga dan beroperasi sebagai pelabuhan. Hingga saat ini masih ada kapal-kapal yang merapat kesini, namun tidak sebanyak dahulu. Kabarnya, di tempat ini akan dibangun sebuah marina oleh PT. Pelindo di area yang memiliki luas 30 hektare dan mampu menampung lebih dari 150 kapal pesiar.

pantai boom
Pantai Boom tempat yang asyik untuk menikmati sunrise di ujung pulau Jawa
Pada moment tertentu, pantai ini digunakan untuk menggelar pertunjukan sendratari tradisional asal Banyuwangi yang cukup terkenal yaitu tari Gandrung. Wajar ya, kondisi pantainya memang luas banget. Pasirnya berwarna hitam namun bersih tidak ada sampah. Eh ada sih dikit, tapi lebih dominan bersihnya kok.


Tersedia puluhan atau bahkan ratusan kursi dan payung pantai yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati sunrise di pantai ini. Kondisi kursinya bersih, bagus dan layak digunakan. Selain bermain air, disini juga bisa melihat pulau Bali di depan mata. Aku datang kesana saat weekend dan memang banyak pengunjung. Meskipun ramai, namun masih bisa menikmati keindahan pantai ini. Disini juga tersedia banyak tong sampah di beberapa titik dan juga bilik untuk bilas setelah bermain air.


pantai boom
Sunrise di Pantai Boom Banyuwangi


Kesimpulan : Pantai yang panjang dengan pasir hitam bersih dan menyuguhkan pemandangan pulau Bali di seberang sana. Wajib dikunjungi bagi wisatawan yang sedang berlibur di Banyuwangi karena ini merupakan salah satu destinasi terkenal.


Tips dari aku :
1. Datang pagi hari untuk menikmati sunrise
2. Datang saat ada perayaan khusus misal pagelaran tarian Gandrung
3. Jangan buang sampah sembarangan
4. Beri pengawasan terhadap anak kecil
5. Jaga barang bawaan


Nama : Pantai Boom
Alamat             : Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur
Tiket masuk    : Rp. 3.000 (2016)
Phone              : +62333424172 / +62333412851
Official website : Banyuwangi Tourism

pantai boom
Kursi pantai Boom Banyuwangi

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^