Air Mancur Raksasa yang Bisa Dinikmati Secara Gratis

Fountain of Wealth merupakan air mancur buatan berukuran besar yang berlokasi di Suntec City, Singapore. Air mancur ini memiliki sebuah cincin raksasa melingkar dengan keliling 66 meter yang memiliki empat kaki penyangga yang sangat besar . Luas area air mancur ini kurang lebih  1.683 meter persegi , dan ketinggiannya 13,8 meter . Dasar air mancur yang terletak di bawah tanah , dengan dikelilingi puluhan resto Suntec City yang hanya dibatasi oleh kaca. The Fountain of Wealth diakui sebagai air mancur terbesar di dunia oleh Guinness Book Of World Records pada tahun 1998.

Fountain of Wealth
Fountain of Wealth
Cincin atas melingkar dari air mancur terlihat di permukaan tanah. Air mancur ini dikelilingi oleh jalan raya yang melingkar dan kemudian banyak gedung-gedung tinggi di seberangnya. Terdapat 5 gedung tinggi yang setiap gedung memiliki nomor dan arti tersendiri. 5 gedung tinggi tersebut mewakili jari dan ibu jari. Cincin raksasa yang berada di tengahnya konon katanya melambangkan cincin di telapak tangan. Air mancur ini memang dibangun dengan prinsip fengshui. Menurut kepercayaan Cina, air melambangkan kekayaan dan kehidupan. Dan makna dari air mancur yang turun dari atas ke bawah melambangkan menyerap aura positif, kehidupan dan  kekayaan bagi Suntec City. 

Fountain of Wealth
Cincin raksasa dengan 4 penyangga
Air mancur ini buka setiap hari dari jam 09.00 pagi hingga 22.00 malam. Visitors are allowed into the fountain to touch the “lucky water” pada jam jam tertentu (Touch Water Sessions: 10am - 12pm | 2pm - 4pm  | 6pm – 7.30pm).  Pada saat pintu dibuka, air mancur akan dimatikan sesaat dan kemudian dinyalakan kembali dengan kecepatan sedang agar pengunjung tidak basah kena air. Yang dinyalakan hanyalah air dari dalam tanah, bukan air dari cincin raksasa yang berada di atas. Diluar jam tersebut maka pintu akan ditutup dan pengunjung tidak dapat mendekat ke sumber air. Dibawah cincin raksasa terdapat ‘lucky water’  yang ada pembatasnya berbentuk melingkar kurang lebih kaya sumur. Nah caranya, berjalanlah keliling 3 kali pada putaran air (ikutin petunjuk arah yang ada di batas air) jangan sampai melawan arus. Sambil berjalan, letakkan tangan di area yang terkena air sambil mengucapkan permohonan dalam hati. Setelah selesai berkeliling 3x, tentunya harus makin rajin berdoa dan berusaha agar harapanmu cepet tercapai ya ^.^


Ternyata masih ada lagi pertunjukan gratis di tempat ini. Laser show Suntec City bisa dinikmati setiap hari pada jam 20.00 / 20.30 / 21.00 . Diluar jam tersebut air tetap mengalir dan bisa dilihat namun bagusnya ya lihat laser shownya sekalian ya sambil menikmati alunan musik yang ada.  


Fountain of Wealth
Foto saat pengunjung bisa mendekat ke sumber air


Nearest MRT are Esplanade or Promenade. Jadi atur aja mau turun dimana dan naik jalur apa yang penting bisa sampai ke Suntec City Singapore. 


Kesimpulan : Gratis dan bisa merasakan percikan air. Karena aku suka main air, ya betah betah aja disini. Namun sebenarnya tempat ini tidak terlalu istimewa. Jauh lebih istimewa untuk menjelajah mall, berbelanja dan kemudian hunting kuliner di area Suntec City ini. heheeee...


Tips dari aku :

1. Datang sore hari biar bisa dapat touch water session, laser show, sama bisa dinner di cafe yang posisinya di dekatt air mancurnya. 
2. Kalau mau menyentuh air keberuntungan, pastikan barang berharga terlindungi dengan baik dari ribuan percikan air yang berpotensi merusak gadget dan barang lainnya. 
3. Pakai makeup yang waterproof agar saat main air bisa tetap kece saat di foto (tidak luntur makeupnya)

Fountain of Wealth
5 gedung tinggi yang mengelilingi Fountain of Wealth


Name : Fountain of Wealth, Suntec City Singapore

Address: 3 Temasek Blvd., Suntec City – Singapore
Official website : klik disini
Admission : Free for public

0 comments:

Post a comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^