Wisata Edukasi Kampung Emas

Mendadak berhenti karena melihat ada yang tergeletak ditepi jalan. Kasian banget itu mbak nya ga ada yang nolongin. Jalanan tampak sepi dan hanya ada angin beserta kicau burung di sawah. Aku berlari dan segera mendekat untuk memberi pertolongan. Kemudian aku sadar bahwa ia tak bernyawa. 

kampung emas
Dia mulai lelah


Selamat datang di ‘Kampung Emas’. Inilah sambutan pertama saat berada di tempat ini. Hamparan sawah yang sangat luas dengan segala warna hijau yang nampak. Belum pernah aku lihat sawah yang seluas ini. Oiya, aku menemukan gubug di tengah sawah !


Gubuk tersebut ternyata merupakan tempat yang diperuntukkan bagi tamu yang ingin makan siang di Kampung Emas menawarkan suasana di tepi sawah dengan sajian makanan tradisional dan ayam ingkung unggulannya yang dihidangkan di sebuah gubug, Kampung Emas rupanya sudah cukup terkenal dan banyak pengunjung yang berdatangan di tempat ini. 
kampung emas
Selamat datang
Tempat ini juga menawarkan wisata edukasi dengan menggunakan sepeda tradisional yang melintasi berbagai kegiatan masyarakat sekitar, memetik buah kakao sebagai dasar pembuatan cokelat dan menyusuri lokasi lainnya.

Kampung Emas berada di pedukuhan Plumbungan, desa Putat, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Lokasinya dekat dengan Gunung Api Purba Nglanggeran. Aksesnya mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi. Namun sayangnya, sepertinya susah menemukan angkutan umum untuk menuju tempat ini. Pada pintu masuk utama, akan ada papan bertuliskan 'selamat datang di Kampung Emas' beserta sederetan orang-orangan sawah yang lucu dan menggemaskan. Dan salah satu diantara mereka lah yang telah mencuri perhatianku. 

kampung emas
Orang-orangan sawah
Kesimpulan : Wisata edukasi dengan nuansa pedesaan yang bisa memberikan suasana berbeda. Rekomendasi kunjungan 3-4 jam.



Tips dari aku :

1. Datanglah pagi hari.
2. Cobalah segala tantangan yang ada di Kampung Emas ini. 



Nama       : Kampung Emas

Alamat     : pedukuhan Plumbungan, desa Putat, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul

0 comments:

Post a comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^