Melukat di Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul merupakan salah satu pura Hindu yang berada di pulau Bali, Indonesia, tepatnya di Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Pura ini terkenal dengan air sucinya sehingga banyak orang Hindu maupun wisatawan yang datang untuk melukat (menyucikan diri).


Butuh waktu sekitar satu jam untuk mencapai lokasi ini dari Bandara Ngurah Rai Bali dengan menggunakan kendaraan pribadi. Harga tiket masuk hanya Rp. 10.000 / orang dan setiap pengunjung wajib menggunakan selendang yang disediakan di pintu masuk. Bagi wanita, diwajibkan menguncir rambut dengan rapi sebelum masuk ke Pura Tirta Empul ini. Bagi wanita yang sedang berhalangan juga tidak diperbolehkan masuk.


pura tirta empul
Sumber air suci dengan khasiat yang berbeda

pura tirta empul
Pintu masuk Pura Tirta Empul
Disini banyak dijumpai masyarakat sekitar lengkap dengan pakaian adat dan sesajen untuk proses sembahyang mereka. Terdapat sumber air yang mengalir dari pancuran. Penduduk setempat mengatakan bahwa setiap lubang pancuran memiliki khasiat sendiri. Ada yang berfungsi menghilangkan santet, ada yang berfungsi menghilangkan penyakit, asmara, kesejahteraan keluarga, dan masih banyak lagi. Aku lupa apa saja yang bapak itu ceritakan padaku. Sebenarnya aku lebih fokus mengamati proses ritual mereka daripada mendengarkan cerita si bapak tersebut.


Sebelum melukat, ada beberapa tahapan yang harus dijalani oleh seseorang, termasuk berdoa. Melukat juga punya tata tertib yang diatur oleh ketentuan adat setempat, yaitu :

1. Menghaturkan yadnya apetik sari
2. Tidak diperkenankan memakai sabun, shampo, tapal gigi, dan sejenisnya
3. Supaya memakai pakaian adat
4. Bagi para wanita saat melebur (melukat) harus memakai baju
5. Tidak boleh mencuci segala jenis pakaian
Pelanggaran terhadap ketentuan nomor 1-4 akan dikenakan sanksi yadnya eka sato
Pelanggaran terhadap ketentuan nomor 5 akan dikenakan sanksi yadnya manca sato
Sanksi yang belum jelas dan atau untuk keperluan lain dapat ditanyakan kepada petugas atau pekemit.

pura tirta empul
Umat Hindu sedang bersembahyang
Terdapat area khusus yang diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak melakukan sembahyang. Sehingga tidak semua tempat bisa dijelajahi oleh wisatawan.


Selain pura, disini juga ada kolam ikan. Kolamnya sangat luas dan ikannya banyak dengan ukuran besar. Air di kolam ikan juga bersih. Ini tapi ga boleh di pancing ya. Cuma boleh dilihat-lihat aja. Ada juga istana kepresidenan yang dibangun pada masa Presiden pertama Indonesia (Ir. Soekarno). Sampai saat ini tempat tersebut masih dipakai namun hanya tamu-tamu besar yang diperbolehkan berada di tempat itu.


pura tirta empul
Kolam ikan koi
Kesimpulan  : Pura Tirta Empul merupakan tempat sembahyang umat Hindu yang memiliki keunikan sendiri dengan berbagai khasiat air sucinya. Tempat ini wajib dikunjungi bagi para pejalan. Rekomendasi kunjungan 2-3 jam.


Tips dari aku :

1. Pakai pakaian sopan / tertutup saat hendak masuk ke tempat ini.
2. Kuncir rambut bagi wanita saat hendak masuk ke tempat ini.
3. Jaga volume suara dan etika
4. Hargai mereka yang sedang bersembahyang
5. Patuhi segala aturan yang ada
6. Jangan buang sampah sembarangan


Nama           : Pura Tirta Empul

Alamat         : Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali
Tiekt Masuk : Rp. 10.000 / orang (2015)

0 comments:

Post a comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^