Tajamnya Bebatuan Tamansari Gua Sunyaragi

Selesai kondangan, melipir deh cari tempat wisata yang bisa didatangin dan tidak jauh dari pusat kota. Dengan mengandalkan map, sampailah kita di Taman Sari Gua Sunyaragi. Tiket masuk hanya Rp. 10.000 / orang (2015). Lokasinya berada di Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Buka dari pagi hingga sore hari.

sunyaragi
Gua Sunyaragi
Konon katanya, Gua Sunyaragi berasal dari bahasa sanksekerta dengan kata ‘sunya’ yang memiliki arti sepi dan ‘ragi’ yang memiliki arti raga. Tujuan utama didirikannya gua ini yaitu untuk tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.Luas gua ini kurang lebih sekitar 15 Hektare dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya.


Sekilas, hanya akan tampak bebatuan di gua ini. namun sebenarnya, batu-batu tersebut memilik pola dan arti tersendiri. Sayangnya aku ga paham bagaimana menterjemahkan bentuk bebatuan tersebut kedalam kata-kata. Apalagi tau arti dan sejarahnya. Hahahaa.


sunyaragi
Panggung terbuka
sunyaragi
Tamansari Gua Sunyaragi
Di area ini terdapat beberapa gua, antara lain gua Peteng, Gua Pengawal, Gua Pawon, Gua Arga Jumut, dan beberapa gua lain. Setiap gua punya fungsi sendiri dan terlalu banyak mitos tentang tempat ini. Ada yang bilang ada patung buat enteng jodoh, ada yang bilang ada patung buat susah jodoh juga. Entah kebetulan atau memang sakral, namun alangkah baiknya jangan terlalu banyak menyentuh bebatuan dan patung di tempat ini.

sunyaragi
Salah satu terowongan

sunyaragi
Tajamnya bebatuan

sunyaragi
Susunan bebatuan Sunyaragi


Kondisi bebatuannya tajam dan berpotensi merobek kulit dengan hitungan detik. Jadi diharapkan saat berjalan, lihatlah depan belakang samping atas bawah. Tersedia tour guide di loket pembayaran tiket dan beliau akan menemani menjelajah serta memberi cerita dan arahan mengenai gua ini.

Tamansari Sunyaragi ini sebenarnya memiliki banyak pepohonan besar dan juga rerumputan yang luas. Namun karena cuaca kota Cirebon yang memang super panas, maka membuatku untuk segera menyudahi penjelajahan di gua ini. Saat kembali ke area parkir, aku bergegas mencari penjual es demi menghilangkan dahaga.


Kesimpulan : Gua Sunyaragi ini bersih, luas, dan unik karena bebatuannya yang tajam. Rekomendasi kunjungan 1-2 jam.



Tips dari aku :

1. Datanglah pagi hari saat cuaca belum terlalu panas.
2. Pakai pakaian yang panjang untuk melindungi kulit dari goresan bebatuan yang tidak sengaja
3. Pakai topi atau pelindung kepala untuk menghindari dari bebatuan yang tajam
4. Beri pengawasan ketat terhadap anak kecil dan lansia, karena batu sangat berbahaya
5. Buanglah sampah pada tempat sampah yang telah disediakan di beberapa titik

Nama              : Tamansari Gua Sunyaragi
Alamat            : Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat
Tiket masuk    : Rp. 10.000 / orang (2015)

0 comments:

Post a comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^