Hanya Rp. 3.000 Bisa Merasakan Simulasi Gempa

Aku menemukan Tyrannosaurus Rex Osborn disini ! Lihat betapa besarnya dia ! Beragam bebatuan, mineral, meteorit, fosil dan artefak juga ada disini. Ya, aku sedang berada di sebuah museum yang terletak di Jalan. Diponegoro No. 57 Bandung, Jawa Barat. Ini adalah Museum Geologi. Hanya dengan membayar Rp. 3.000 / orang aku bisa masuk ke tempat ini. Disini banyak angkot sehingga mudah dicapai dengan angkutan umum (tapi aku ga paham gimana cara ngangkotnya). Tak lupa tas dan jaket aku titipkan ke tempat yang telah disediakan. Lumayan dong mengurangi beban hidup #eh tubuh ini. 

museum geologi
Fosil dinosaurus
Museum ini telah ada sejak tahun 1929. Namun telah mengalami beberapa kali proses renovasi sehingga sampai saat ini masih berdiri kokoh dengan menyimpan jutaan benda berharga didalamnya. Museum ini terdiri dari 2 lantai tapi tetep butuh waktu lama buat menjelajah satu demi satu koleksinya. 

Disini aku bisa belajar awal terbentuknya bumi, struktur dan pergerakan kerak bumi, peta geografis Indonesia, tata surya, fosil manusia purba, fosil hewan purbakala, pertambangan emas, jenis bebatuan, gas bumi, panas bumi, sumber daya air, bencana alam, dan masih banyak lagi.

museum geologi
Globe
Aku bisa melihat seperti apa televisi dan sepeda penyok akibat erupsi Gunung Merapi beberapa tahun silam beserta abu vulkaniknya yang disimpan di museum ini. Semakin mendalami koleksi museum, semakin takut rasanya. Yang membuatku paling antusias adalah mencoba simulasi gempa di lantai 2 . Ini semacam kotak berukuran 1 meter yang digoyang-goyangkan sesuai dengan level yang kita inginkan. Buat mencoba simulasi ini, kudu antri karena alatnya hanya satu padahal adek-adek yang mau mencoba buanyak.

Museum ini buka dari pagi hingga sore hari. Kedatanganku kesana sudah agak sore sehingga harus segera turun karena museum akan segera ditutup. Padahal ya, belum keseluruhan koleksinya aku lihat secara detail loh. Oke gapapa, mungkin lain waktu akan kesana lagi ^.^

museum geologi
Pohon keluarga
Kesimpulan : Museum yang wajib dikunjungi untuk edukasi anak-anak.  Lumayan luas dengan banyak koleksinya. Suhu di museum relatif sejuk dan membuat nyaman pengunjung. Petugas ramah dan disediakan penitipan barang di dekat pintu masuk. 


Tips dari aku :

1. Datanglah pagi hari sehingga bisa lebih lama menjelajahi museum
2. Bawa anak kecil untuk memberi kesempatan mereka belajar di museum



Nama                     : Museum Geologi Bandung
Alamat                   : Jalan. Diponegoro No. 57 Bandung, Jawa Barat
Jam operasional    : Senin – Kamis (08.00 – 16.00), Sabtu-Minggu (08.00 – 14.00), Jumat dan libur nasional tutup
Nomor telepon      : +62-22-721-3822
Official website     : Museum Geology Bandung

museum geologi
Mempelajari gas alam

0 comments:

Post a comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^