Atraksi Menusuk Diri, Thaipusam Festival

Kali ini sengaja main ke Singapore biar bisa lihat bagaimana perayaan Thaipusam Festival di negeri singa. Thaipusam Festival adalah perayaan keagamaan umat Hindu dalam rangka menghormati dewa Murugan. Festival ini juga digelar di Kuala Lumpur (Batu Caves) di saat yang bersamaan. 


Festival ini berlangsung selama 2 hari. Hari pertama digunakan untuk persiapan, dan hari kedua untuk berlangsungnya Festival tersebut. Beberapa umat Hindu sibuk menusuk-nusuk diri dengan jarum panjang dan membawa kavadi berhias bunga-bunga. Tidak semua orang menjalankan ritual tusuk-menusuk ini. Hanya orang-orang tertentu yang telah melakukan ‘puasa’ sebulan untuk mensucikan diri yang kemudian puncaknya mereka berucap syukur dengan membawa kavadi dan berjalan jauh antara Sri Srinivasa Perumal Temple hingga ke Sri Thendauthapani Temple. 


Thaipusam festival
Kavadi
Satu rombongan sekitar 10-15 orang. Yang ditusuk dan membawa kavadi hanyalah 1 orang. Sisanya ada yang membawa mangkok alumunium berisi susu dan ditaruh diatas kepala, ada yang mengawasi jalur agar kavadi berjalan dengan lancar, adapula yang memanjatkan doa-doa sepanjang jalan. Jeda keberangkatan satu rombongan dengan rombongan lainnya sekitar 5 menit. Banyak rombongan yang lewat namun yang aku lihat, semua yang memakai kavadi merupakan laki-laki. Konon katanya, mereka tidak merasakan sakit sama sekali karena telah berpuasa selama sebulan tadi. 

Thaipusam festival
Wanita membawa mangkok susu
Thaipusam festival
Peniti besar dan menarik kereta

Thaipusam festival
Sandal berpaku
Oiya, Kavadi merupakan batang besi yang dirangkai menyerupai setengah permukaan bola yang dihiasi oleh patung dewa Murugan, burung merak, dan beraneka bunga-bunga. Tidak semua orang membawa kavadi. Adapula yang hanya ditusuk-tusuk punggungnya menggunakan peniti raksasa, adapula yang ditusuk peniti raksasa dan menyeret kereta dibelakangnya. Ada yang hanya ditusuk pipinya saja, ada yang berjalan menggunakan sandal yang bertabur puluhan paku secara vertical. Banyak cara yang diwujudkan untuk mengucap syukur kepada Dewa Murugan tersebut.

Thaipusam festival
Kavadi

Thaipusam festival
Thaipusam Festival, Singapore
Petugas setempat juga ikut mengawasi Festival Thaipusam ini secara ketat. Beberapa ruas jalan di tutup sebagian bahkan ada yang ditutup total demi memberi ruang untuk mereka yang sedang melakukan ibadah. Terdapat pagar pembatas di sebelah kanan dan kiri. Fungsinya agar pembawa kavadi bisa focus jalan dan tidak terhalang oleh pengunjung. 


Thaipusam Festival
Penjagaan dari aparat setempat
Kesimpulan : Upacara keagamaan ini sangat unik dan wajib ditonton. Namun untuk yang tidak kuat melihat kulit yang ditusuk-tusuk, ya mending jangan lihat. Rekomendasi kunjungan 2-3 jam atau selama upacara berlangsung.

Tips dari aku : 
1. Pastikan kamera dalam kondisi full baterai jadi bisa maksimal mengabadikan moment special ini.
2. Jangan halangi jalan bagi para pembawa kavadi
3. Hargai mereka yang sedang melakukana upacara keagamaan
4. Beli tiket pesawat jauh-jauh hari agar mendapatkan harga murah dan bisa menyaksikan event ini. 


Nama : Thaipusam Festival, Singapore

Alamat    : Sri Srinivasa Perumal Temple Singapore, 397 Serangoon Road, Singapura 218123
Event berlangsung : 2017 (10 February in Malaysia, Singapore, and India), (9 February in USA). 2018 (31 January in Malaysia, Singapore, and India), (30 January in USA)
Official website  : klik disini

Thaipusam Festival
Kavadi

0 comments:

Post a comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^