Snorkeling di Air Tawar Umbul Ponggok Klaten

"Air tidak hanya menjadi salah satu sumber bagi kehidupan manusia, namun juga menjadi tempat yang asyik untuk bermain"

Habis main di Pulau Karimun, tapi masih ingin ketemu air lagi. Gimana dong? oke akhirnya aku memutuskan untuk kembali berenang di Umbul Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya berada di Jalan Raya Desa Ponggok, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Umbul merupakan sumber mata air dari dalam bumi. Jadi Umbul Ponggok berarti sumber mata air yang berada di desa Ponggok. Ikutin petunjuk jalan atau buka maps, dan sampailah ke Umbul Ponggok.


Harga tiket masuk sangat terjangkau. Setiap pengunjung hanya dikenakan Rp. 8000 / orang (2016). Tinggal bawa baju ganti aja ke tempat tersebut. Loh atribut renangnya gimana? Tenang, disana bisa sewa. Harga persewaannya juga terjangkau. 


Harga sewa kacamata snorkling : Rp. 13.000. 

Harga sewa  pelampung : Rp. 7.000
Harga sewa  kaki katak: Rp. 13.000
Harga sewa  kamera underwater 30 menit : Rp. 60.000
Harga sewa  kamera underwater 60 menit : Rp. 100.000

Harga makanan disana juga cukup murah. Banyak penjual gorengan yang menggoda untuk didatangi (baca : beli gorengannya). Tas dan barang berharga bisa dititipkan di loker dan kuncinya diserahkan petugas. Jadi bisa main air sepuasnya deh.

umbul ponggok
Snorkling di Ponggok
Aku sengaja bawa kamera underwater dari luar, jadi tidak sewa di area umbul ponggok. Jadi selama berenang, selama itu pula 'jepret-jepret' sampai memori full . hihihi. Keuntungan bawa kamera dari luar yaitu tidak terikat oleh waktu dan tidak malu-malu saat difoto oleh orang asing, karena yang foto kan teman sendiri. Kekurangannya ya yang pasti hasilnya tidak sebagus oleh team profesional. 

umbul ponggok
Jernihnya air dipagi hari
Sampai ke Umbul Ponggok jam 07.00 WIB. Sempat ragu apakah sudah buka atau belum. Ternyataaa,, sudah buka loh. Langsung deh sewa peralatan dan 'nyebur'. Duh aslinya ya, dingin banget. Tapi segar kok airnya. Kolamnya masih sepi jadi airnya masih bening banget. Semakin siang ternyata semakin banyak pengunjung dan semakin keruh airnya. Untungnya ya dapat sepi di pagi hari walau dingin. 

umbul ponggok
Ikan-ikan di Ponggok
Kolam di Umbul Ponggok ini diisi oleh ratusan atau ribuan ekor ikan dari berbagai jenis. Jadi kalau datang lebih awal, bisa lebih leluasa bergaya dengan para ikan. Hohohoo. Oiya jangan memberi makan apapun ya kepada ikan disini. Biarkan petugas yang memberi makan. Kita cukup say hello aja ya. 


Selesai main air, kini saatnya mandi. Omoooo,, antrian toiletnya kaya antri mau beli donat yang diskon 90%. Panjang banget dan kondisi tubuh basah semua. Akhirnya aku harus putar otak, satu bilik mandi diisi 2 orang wanita biar lebih cepat selesai. Hahaha mandinya saling membelakangi ya. Kkkkkk. Selesai mandi, kami bergegas pulang menuju kota Solo dan melanjutkan jelajah kota. 


umbul ponggok
Ikan-ikan di Ponggok
Kesimpulan : tempatnya asik dan bagus untuk pemula buat pemanasan sebelum terjun ke laut beneran (Snorkling or diving). Bagi yang tidak bisa berenang juga tersedia pelampung jadi tidak perlu khawatir tenggelam. Rekomendasi kunjungan 3-4 jam.


Tips dari aku :

1. Makanlah dari rumah biar sampai sana langsung 'nyebur', tanpa harus isi perut dulu (ngirit waktu)
2. Bawa kamera dari rumah biar bisa foto sepuasnya
3. Datanglah pagi hari saat air masih jernih
4. Bila sempat, lebih baik saat weekday karena lebih sepi pengunjung


Nama       : Umbul Ponggok, Klaten Indonesia

Alamat     : Jalan Raya Desa Ponggok, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah (klik map disini)

0 comments:

Post a comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^