Cobain Makanan Lintas Negara? Disini Tempatnya

Ga melulu soal destinasi wisata populer, aku kesini juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke salah satu acara keren di Singapura. Ini termasuk acara langka karena digelar 2 tahun sekali. Acara pertama pada tahun 2013, dan acara kedua pada tahun 2015. Dan kebetulan aja pas aku kesana itu tepat saat merayakan 50 tahunnya Singapura.

Acara ini berlangsung di Bugis street, tepat berada di pintu keluar MRT. Jadi untuk menuju kesini tinggal turun aja di Bugis MRT station, lalu naik tangga sampai ke permukaan tanah, dan sampailah di halaman rumput hijau yang disulap menjadi area World Street Food Congress. HTM nya berapa ? ternyata tempat ini gratisssssss.... tidak dikenakan biaya masuk sama sekali. Tapi tetap buat menikmati segala masakan nikmat disini kudu bayar yaa.. hehehe

World Street Food Congress
World Street Food Congress 2015
Karena memang ga ada kerjaan, aku sempetin deh muterin semua stand. Stand Indonesia gede juga loh, dan didominasi warna hijau karena sponsornya kecap yang brand nya hijau. Hasilnya, makanan termurah dengan harga SGD $ 7 dan ini termasuk kategori cemilan, bukan makanan berat loh.. Setiap stand selalu aja ramai pengunjung. 

Semua pembeli antri jejer ke belakang tanpa dorong-dorongan. Ini nih yang bikin aku betah berada di negeri singa, salah satu kebiasaan baik yang udah langka di Indonesia. Selain Indonesia, negara lain yang ikut berpartisipasi adalah : Singapore, Malaysia, Philippines, Thailand, Vietnam, India, China, dan masih banyak lagi.

World Street Food Congress
antrian pembeli

For a moslem traveler, please read the banner carefully. Disitu terpampang jelas mana pork mana bukan. Kalopun gak nemu tulisannya, prefer tanya penjualnya ya daripada bingung gak jelas trus gak jadi makan. Oiya untuk meja makannya sendiri, sebenernya panitia udah kasih banyak kursi dan meja. Tapi karena antusiasme pengunjung emang besar, makanya banyak yang gak kebagian kursi. Alhasil kudu makan berdiri kaya aku gini  hiiikss.. Sedih kan ya gak bisa fotoin makanannya. Pegang piring aja susah gimana mau sempet sempetin foto.  Untungnya aku kesini sore hari. Matahari masih nampak tapi gak terlalu panas di kepala. Mungkin kalo malam hari, kondisinya agak gelap jadi ga bisa bedain mana makanan tetangga, mana makanan kita ..ehh..

World Street Food Congress
World Street Food Congress 2015
World Street Food Congress
Suasana World Street Food Congress

Di tahun 2016 ini, acara World Street Food Congress digelar di Manila, Filipina (20-24 April 2016) diikuti oleh beberapa negara diantaranya : The Philippines (Flavors of the Philippines), Malaysia (Mee Siam, Assam Laksa),  Indonesia (Martabak Makobar, Sate Maranggi, Iga Babi Bakar, Ayam Taliwang), Thailand (Hoy Tod), Vietnam (Nam Bo - Sticky Rice Banana, Banh Can - Seafood Pancake),  India (one Vegetarian and a non-vegetarian stall from NASVI- National Association of Street Vendors of India), Singapore (Kway Chap and Braised Duck, Prawn Paste Chicken Burger, Triple Sauce Seafood Tempura, Fried Carrot Cake), USA (Churos Loco, Mexican Tacos), dan China. Semoga saja di tahun 2017 juga digelar acara serupa, jadi ga perlu nunggu 2 tahunan lagi. 

World Street Food Congress
Suasana World Street Food Congress

Kalau mau berburu makanan di Singapore, nih ada acara serupa yang pastinya juga gak kalah seru, namanya Singapore Food Festival.  Pantengin terus websitenya, cari tiket pesawat pas event tersebut biar bisa merasakan keseruan berburu makanan enak di Singapura ya.. 

Nama Event : World Street Food Congress 
Official website : World Street Food Congress
Admission : Free for public

World Street Food Congress
World Street Food Congress

0 comments:

Post a comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^