Festival Cap Go Meh Singkawang Kalimantan Barat

Singkawang, Kalimantan Barat mempunyai acara tradisional yang sangat meriah yang digelar setiap tahun. Kota ini sukses membuat perayaan terbesar di Indonesia, bahkan hingga mencuri perhatian dunia. Perayaan tersebut lebih tepatnya diadakan pada 15 hari setelah hari raya Imlek. Acara tersebut adalah Hari Raya Yuan Xiao atau lebih sering disebut Cap Go Meh yang merupakan pertanda hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi kaum Tionghoa di seluruh dunia.

cap go meh
Cap Go Meh Singkawang (sumber cnnindonesia.com)
Singkawang terkenal juga dengan julukan kota 1000 klenteng karena disini sangat mudah menjumpai klenteng yang bila dihitung jumlahnya sampai ratusan. Singkawang merupakan kota terbesar kedua setelah Pontianak yang berada di Kalimantan Barat. Mayoritas penduduk disini merupakan keturunan Tionghoa terutama suku Hakka dan suku Teochew. Suku lainnya yang berada disini adalah Melayu, Dayak, dan suku-suku lainnya. 

Rangkaian perayaan Cap Go Meh

Terhitung dari Imlek hingga puncak perayaan Cap Go Meh, setiap harinya akan ada penampilan kebudayaan di kota Singkawang. Rangkaian selanjutnya adalah pawai lampion yang diadakan pada hari ke 13 setelah tahun baru Imlek dan diikuti oleh seluruh masyarakat dari berbagai etnis. 

Puncak perayaan Cap Go Meh di Singkawang diadakan pada hari ke 15 setelah tahun baru Imlek dengan diadakan atraksi parade Tatung atau atraksi debus. Tatung adalah warga Dayak-Tionghoa yang memperlihatkan ilmu kekebalan tubuh mereka sambil berjalan ataupun diarak keliling kota sesuai rute yang telah ditentukan oleh panitia. Inilah pertunjukkan yang paling dinanti-nantikan oleh banyak orang. Pertunjukkan uji kekebalan seperti : menusuk tubuh dengan batang besi atau kawat, mengiris lidah dengan pisau, pengais pedang ke badan, berdiri diatas pedang, dan lain-lainnya.

cap go meh
Cap Go Meh Singkawang (sumber cnnindonesia.com)

Tatung tidak semuanya pria, ada juga Tatung wanita. Konon katanya, para Tatung ini sama sekali tidak merasa kesakitan karena mereka sedang dirasuki oleh roh leluhur mereka. Tidak semua orang bisa menjadi Tatung. Hanya orang-orang terpilih lah yang bisa menjadi Tatung. Tujuan dari ritual para Tatung ini adalah untuk mengusir roh jahat yang ada di seluruh penjuru kota. 

Acara lainnya saat perayaan Cap Go Meh yaitu pembagian sedekah berupa daging babi yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu yang telah mendapatkan kupon dari panitia. Selain itu, adapula acara lelang barang. Barang yang di lelang meliputi buah-buahan, makanan, minuman, dan berbagai patung. Lelang barang dilakukan menggunakan bahass China Khek, sehingga tidak semua orang bisa ikut berpartisipasi dalam acara lelang ini. 

Kota Singkawang

Kota Singkawang  berada 145 km sebelah utara dari Kota Pontianak dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 20 menit. Kota ini berbatasan dengan Laut Cina Selatan, Laut Natuna, dan Samudera Pasifik di sebelah barat. Berbatasan dengan Kabupaten Sambas (utara) dan Kabupaten Bengkayang (selatan dan timur). 

singkawang
Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Bagaimana akomodasi di Singkawang

Singkawang memiliki beberapa hotel dan guesthouse dengan harga miring. Bandara terdekat adalah Bandara Internasional Supadio yang terletak di Kubu Raya, Pontianak, Kalimantan Barat. Dari bandara, tinggal dilanjutkan melalui jalur darat untuk sampai ke Kota Singkawang. Bisa menggunakan bus ataupun kendaraan pribadi. Kondisi jalan di Singkawang terbilang bagus sehingga cukup aman untuk dilewati. 

Salah satu harapanku adalah bisa melihat langsung betapa meriahnya perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat. Bisa merasakan betapa masyarakat disana bisa hidup berdampingan dengan damai walau berbeda etnis.

Hanya sekitar 2 jam perjalanan via udara yang dibutuhkan untuk menuju Pontianak dari Semarang. Harga tiket pesawat juga tergolong lumayan terjangkau. 



*tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Cinta Indonesia yang diselenggarakan oleh Airpaz dan masuk sebagai 46 besar*

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^