Melihat Patung Raksasa Cheng Ho

Adakah yang belum pernah ke Sam Poo Kong ? Sini-sini maen ke Semarang, nanti aku temenin ^^. Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Semarang.

Klenteng Sam Poo Kong berada di Semarang Barat. Hanya sekitar 10 menit berkendara (3 km) dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Dari Stasiun Poncol sekitar 4 km dengan waktu tempuh 15 menit saja. Banyak angkutan dan bus kota yang melintas di depan Sam Poo Kong ini. Namun sayangnya bus Trans Semarang belum menjangkau sampai Klenteng Sam Poo Kong.

sam poo kong
Bangunan khas Tiongkok

Lokasinya berada di pinggir jalan dengan nuansa bangunan khas Tiongkok berwarna merah membuat tempat ini mudah dijumpai. Saat ini tempat wisata Sam Poo Kong sudah mengalami banyak perubahan. Mulai dari bilik toilet yang semakin banyak, jumlah koleksi kostumyang semakin banyak dan beragam, adanya stand makanan di dalam area, dan juga perubahan sistem parkir.

Dahulu, sistem parkir masih dikelola oleh warga sekitar dengan mematok tarif yang sangat mahal dan tanpa karcis parkir. Namun kini, pihak pengelola Sam Poo Kong sudah mengambil alih dan memperbaiki menggunakan sistem baru yang resmi dan memiliki karcis parkir. Tarif parkir resmi pun juga lebih murah daripada yang sebelumnya.

sam poo kong
Langit-langit pendopo di Klenteng

sam poo kong
Dominasi warna merah pada Klenteng Sam Poo Kong

Sedangkan untuk masuk ke area Klenteng Sam Poo Kong ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp. 5.000 per orang untuk bisa masuk ke halaman utama Klenteng. Bila ingin mendekat ke 3 klenteng besar, melihat tempat ibadah di sekitar 3 klenteng besar dan juga melihat relief, maka pengunjung perlu membeli tiket masuk lagi sekitar Rp. 20.000 . Tiket tersebut sudah termasuk dengan menonton mini film mengenai kisah perjalanan Laksamana Cheng Ho. Durasi film yang diputar sekitar 30 menit.  Studio film terletak persis di dekat pintu masuk pembelian tiket.

sam poo kong
Salah satu klenteng untuk beribadah (dijaga petugas loh)

Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat persinggahan pertama seorang Laksamana Tiongkok Islam yang bernama Cheng Ho (Zheng He). Setelah melakukan perjalanan panjang dan sangat menguras tenaga, Laksamana Cheng Ho ini memutuskan mendarat sebentar di Kota Semarang untuk berlindung di dalam goa dan juga mendirikan sebuah masjid.

sam poo kong
Klenteng paling besar di Sam Poo Kong

sam poo kong
Pilar-pilar kokoh

Di goa tersebut, para prajurit Laksamana Cheng Ho yang beragama Budha juga diperbolehkan untuk sembahyang. Hingga pada akhirnya masjid tersebut berubah menjadi Klenteng Sam Poo Kong. Meskipun saat ini klenteng tersebut digunakan untuk sembahyang bagi mereka yang berkeyakinan Budha, Kong Hu Cu ataupun lainnya, namun yang beragama muslim pun tetap diperbolehkan berkunjung ke klenteng ini. Bahkan, di depan pintu masuk klenteng sudah tersedia mushola yang lumayan luas. Keren ya saat perbedaan keyakinan tidak menjadi hambatan untuk beribadah di lokasi yang sama.

sam poo kong
Klenteng dari luar 

sam poo kong
Aturan untuk melepas sandal saat masuk ke klenteng

Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat favorit aku. Disana aku bisa merasakan sejuknya tiupan angin saat duduk di bawah pohon sambil menikmati keadaan sekitar. Ahh, benar-benar membuat tenang. Di Klenteng ini pula berdiri patung raksasa Laksamana Cheng Ho untuk menghormati kedatangan beliau.

Klenteng ini buka setiap hari, dari pagi hingga malam. Pada hari-hari tertentu, diadakan perayaan khusus di klenteng ini. Misalnya saja saat imlek, sudah pasti Klenteng ini di serbu oleh ribuan pengunjung yang ingin melihat seperti apa perayaan imlek di Klenteng Sam Poo Kong ini.

sam poo kong
Klenteng Sam Poo Kong Semarang

sam poo kong
Puluhan lampion di langit-langit klenteng

Buat kalian yang ingin pakai kostum Tiongkok, bisa banget deh. Di Klenteng Sam Poo Kong ini ada persewaan kostum, lengkap dengan accesories, juru foto, dan juga hard/soft file nya. Hanya dengan sekitar Rp. 100.000 sudah bisa puas menggunakan pakaian tradisional dan seolah sedang berada di Tiongkok.  Pilihan lainnya juga ada, terlihat beberapa Hanbok juga menghiasi koleksi persewaan kostum ini. Jadi makin semangat kalau lihat lagi ada sesi pemotretan menggunakan pakaian tradisional Tiongkok ataupun Korea Selatan deh.

sam poo kong
Ramainya pengunjung di area Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Kesimpulan : Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu landmark Kota Semarang yang wajib di kunjungi. Tiket masuk sangat terjangkau dan juga lokasinya dekat dengan pusat kota. Akses menggunakan kendaraan umum juga sangat mudah untuk menuju tempat ini. Rekomendasi kunjungan 1-2 jam.

Tips dari aku :
1. Datang pagi / sore hari saat cuaca tidak terlalu panas
2. Bawa kamera dengan full batery supaya puas untuk berfoto disini
3. Jelajahi semua sudut klenteng dan melihat mini film perjuangan Laksamana Cheng Ho
4. Hargai mereka yang sedang bersembahyang

Nama    : Klenteng Sam Poo Kong
Alamat  : Simongan, Semarang Barat
Tiket masuk : Rp. 5.000 / orang (2016)


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah

2 comments:

  1. jadi salah satu icon wisata di semarang

    ReplyDelete
  2. iyaa. ayo coba itung udah berapa kali masvai ke tempat ini ? :D

    ReplyDelete

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^