Keliling Indonesia Gratis? Begini Caranya

Jakarta, kota yang sangat padat akan bangunan perkantoran, apartment, hotel dan juga mall. Namun taukah kalian bahwa salah satu mall di Jakarta ini mempunya fungsi lebih dari sekedar mall?

Berada di level 8 west mall Grand Indonesia, tempat ini punya banyak alasan untuk wajib dikunjungi. Galeri Indonesia Kaya merupakan tempat yang menyenangkan bagi para penikmat seni. Tempat ini boleh dikunjungi oleh siapapun, baik wisatawan lokal maupun mancanegara secara gratis. 

galeri indonesia kaya
Peta Indonesia

Galeri Indonesia Kaya merupakan ruang edutainment budaya persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation yang berbasis teknologi digital dari Indonesia untuk Indonesia yang menyuguhkan informasi kekayaan budaya nusantara. Mulai dari alat musik tradisional, mainan tradisional, baju adat, sampai informasi tentang kuliner, pariwisata, tradisi dan kesenian dikemas secara digital dan interaktif di tempat ini.

Layar multimedia menampilkan pemuda-pemudi Indonesia berbaju adat dari berbagai daerah yang menyapa pengunjung di pintu kedatangan. Kemudian pengunjung akan diajak untuk melihat video mapping dengan bentuk wayang kulit, menceritakan penggalan-penggalan Mahabarata tentang kiprah Pandawa melawan Kurawa.

Galeri Indonesia Kaya dilengkapi dengan auditorium berkapasitas 150 yang menyuguhkan tontonan budaya, mulai dari seni panggung, musik, pemutaran film, diskusi budaya, seminar dan workshop secara gratis. Para seniman yang ingin memakai auditorium dapat menggunakannya tanpa dipungut biaya.

Galeri Indonesia Kaya juga memperlihatkan berbagai macam pertunjukan budaya dari seniman-seniman Indonesia, baik mereka yang baru berkiprah atau mereka yang telah lama berkecimpung dalam dunia seni, tiap akhir pekan.

Pengunjung juga dapat berfoto dengan pakaian adat digital dari seluruh nusantara. Aplikasi ini terhubung dengan sosial media sehingga pengunjung dapat mengunggah fotonya. Aku telah mencoba, dan hasilnya sungguh luar biasa. Luar biasa memalukan ^^ jadi memilih untuk tidak share di sosial media daripada menjadi sasaran empuk para netizen. heheeh

Kaca Pintar Indonesia juga memanjakan pengunjung untuk melihat kumpulan objek budaya di seluruh nusantara mulai dari pariwisata, kuliner, kesenian dan tradisi. Dengan tampilan yang menarik diatas layar touch screen

galeri indonesia kaya
salah satu suku di Indonesia yang bisa dilihat di Galeri Indonesia Kaya

galeri indonesia kaya
Konflik antar suku yang terjadi di Indonesia

Ada juga fitur Jelajah Indonesia yang merupakan layar sentuh multimedia yang membahas seluk beluk budaya Indonesia dari banyak sisi, seperti dari sisi geografis, kebiasaan dan asal usul. Berbagai macam alat musik Nusantara telah dihadirkan secara digital dengan bentuk touch screen. Pengunjung dapat bermain dan mengaransemen musiknya sendiri. Tentunya fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pengunjung melalui headset

Galeri Indonesia Kaya ini juga menyediakan banyak kursi bagi pengunjung untuk dapat bersantai , lengkap dengan adanya 10 tablet besar yang bisa dipakai untuk beberapa kegiatan positif, diantaranya membuat batik secara digital. 

galeri indonesia kaya
Pengunjung sedang menggunakan tablet yang tersedia untuk menambah pengetahuan

galeri indonesia kaya
Yuk belajar membatik di Galeri Indonesia Kaya

galeri indonesia kaya
Membatik lebih mudah karena menggunakan aplikasi 

galeri indonesia kaya
Belajar berbagai macam tanahan dalam membatik

Arungi Indonesia menawarkan sensasi terbang diatas Indonesia. Pengunjung akan diajak melewati beberapa obyek-obyek wisata ternama di Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan tentang obyek tersebut. 

galeri indonesia kaya
Cobain serunya jelajah Indonesia gratis !

galeri indonesia kaya
Pergilah ke berbagai tempat indah di Indonesia

Galeri Indonesia Kaya juga mempunyai area peraga yang merupakan area untuk para pengrajin. Disini, pengrajin dapat memperagakan proses pembuatan berbagai kerajinan khas Indonesia. Area ini juga dilengkapi dengan hiasan buku raksasa bertuliskan macapat pucung.

galeri indonesia kaya
Bukunya besar banget

Sebelum meninggalkan galeri, pengunjung akan menjumpai sudut cindera mata. Para pemilik industri yang mengolah hasil budaya Indonesia menjadi produk modern dapat menunjukkan karyanya kepada masyarakat lewat sudut cindera mata ini. 

galeri indonesia kaya
Batik Kudus ada disini loh..

Semua yang ada disini benar-benar dibuat modern tanpa mengurangi sedikitpun kecintaan kita pada warisan budaya. Untungnya lokasi Galeri Indonesia Kaya ini sangat strategis sehingga mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti Bus Trans jakarta. Tinggal jalan kaki sekitar 10 menit dari halte bus, maka akan sampai ke lokasi dimana GIK ini berada. 

Galeri Indonesia Kaya mempersembahkan event Indonesia Menari yang merupakan sebuah gerakan untuk mendekatkan kembali masyarakat Jakarta dengan tari tradisional nusantara dengan cara mengemas tari-tarian Indonesia berkonsep yang modern dan menyenangkan terutama untuk anak-anak muda, diadakan tiap minggu ke-tiga di bulan November. Tahun 2016 ini, Indonesia Menari kembali dengan koreografi yang menantang karya Takako Leen (EKI Dance Company). Tidak hanya itu, peserta akan dapat menari bersama Brandon Salim, Asmara Abigail, Ufa Sofura.

galeri indonesia kaya
Event Indonesia Menari tahun 2015

Indonesia Menari 2016 akan diadakan pada tanggal 20 November 2016 pukul 13:00 WIB, dengan konsep indoor, menggunakan beberapa area di West Mall dan East Mall, Grand Indonesia. Siapapun boleh berpartisipasi dalam acara ini. Pendaftaran dibuka bagi para peserta yang ingin mendaftarkan komunitasnya, maupun para peserta yang ingin mendaftar secara perorangan. Untuk pendaftar atas nama komunitas minimal membawa 10 orang peserta dan maksimal membawa 15 orang peserta. Sayangnya saat ini pendaftaran telah ditutup karena telah mencapai kuota. Wajar saja bila cepat penuh ya, mengingat hadiah yang diperebutkan hingga 150 juta Rupiah.  

Akhir pekan di Galeri Indonesia Kaya akan selalu menyenangkan karena diisi oleh beberapa agenda yang tidak membosankan, dan tentunya gratis. Berikut secuil info mengenai agenda November 2016 @Galeri Indonesia Kaya :

Sabtu, 5 November 2016 (15.00 WIB) – Menjelang Indonesia Menari 2016 
Minggu, 6 November 2016 (15.00 WIB) – Pagelaran Tari “SangHawa”
Sabtu, 12 November 2016 (15.00 WIB) – Pada Suatu Rumah
Minggu, 13 November 2016 (15.00 WIB) – Kita Menari
Minggu, 20 November 2016 (15.00 WIB) – Indonesia Menari 2016
Sabtu, 26 November 2016 (15.00 WIB) – Cantiknya Indonesiaku II
Minggu, 27 November 2016 (15.00 WIB) – Open Mic

galeri indonesia kaya
Kondisi auditorium saat dipenuhi pengunjung

galeri indonesia kaya
Sebelum menikmati persembahan, para pengunjung diwajibkan menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil berdiri

galeri indonesia kaya
Tarian modern yang diiringi musik tradisional

galeri indonesia kaya
Para balerina sedang memberikan yang terbaik bagi pengunjung

galeri indonesia kaya
Balerina dari IDC

galeri indonesia kaya
Balerina dari IDC

Cek jadwalnya disini ya. Sedikit tips untuk mengunjungi Galeri Indonesia Kaya saat diadakan agenda, datanglah lebih cepat karena kuota terbatas. Disarankan hadir 1 jam sebelum pertunjukkan. Atau bila memungkinkan, booking online sebelum kehabisan. 

galeri indonesia kaya
Balerina dari IDC

galeri indonesia kaya
Gaunnya bagus, pengen punya satu ^^

galeri indonesia kaya
Nah giliran adik-adik imut yang menari, lucu kan ya

galeri indonesia kaya
Ini juga makin imut, gemesin dan semuanya lincah menari

galeri indonesia kaya
adik-adik dari IDC

galeri indonesia kaya
apa itu IDC ? Indonesia Dance Company

galeri indonesia kaya
dancer dari IDC

galeri indonesia kaya
dancer dari IDC

galeri indonesia kaya
Paling suka lihat mereka menari

galeri indonesia kaya
Paling suka lihat mereka menari

galeri indonesia kaya
dancer dari IDC

galeri indonesia kaya
dancer dari IDC

galeri indonesia kaya
dancer anak-anak dari IDC

galeri indonesia kaya
Abang tukang bakso, mari mari sini aku mau beli

galeri indonesia kaya
dancer dari IDC

galeri indonesia kaya
Seluruh dancer dari IDC yang tampil dalam acara Kita Menari (13 November 2016)

Kesimpulan : Galeri Indonesia Kaya merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi para pecinta seni. tempat ini tidak terlalu luas namun menyimpan beraneka ragam kebudayaan Indonesia yang sungguh luar biasa. Datanglah bersama anak kecil untuk menanamkan kecintaan mereka pada Indonesia sejak dini. 

Nama : Galeri Indonesia Kaya
Lokasi :  level 8 west mall Grand Indonesia, Jakarta
Tiket masuk : Gratis
Jam operasional : sesuai jam buka mall
Official website : Indonesia Kaya

6 comments:

  1. Wah keren banget gan..
    Udah 3D gimana gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, merasa beruntung banget bisa menemukan tempat keren di dalam mall :D

      Delete
  2. acaranya seru yaa..apalagi masuk di mall :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget, pengen kesana lagi mas :D

      Delete
  3. kebetulan besok masih ada jadwal ya, mantap nihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, tunggu event Galeri Indonesia di bulan Desember juga ya :D

      Delete

Terima kasih. Komentar anda sangat membantu penulis untuk terus memperbaiki blog ini ^^